View

JT Digitally

Strategi Marketing Untuk Produk Baru Yang Efisien

Strategi Marketing Untuk Produk Baru Yang Efisien

Strategi marketing untuk produk baru akan selalu mengalami perubahan. Hal ini terkait dengan perkembangan zaman dan perilaku masyarakat yang selalu berubah-ubah. Maka selama menjalankan bisnis baru, owner harus memiliki banyak strategi marketing yang beragam, efektif dan mudah dijalankan untuk meningkatkan penjualan.

Karena kamu harus tahu, bahwa mempromosikan produk baru ke konsumen itu tidaklah mudah. Perilaku konsumen yang semakin pintar dalam memilih barang, menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis untuk menerapkan strategi marketing yang cocok untuk produk baru.

Maka dari itu, sebelum melakukan penjualan produk baru ke konsumen, lebih baik rancanglah strategi pemasaran terlebih dahulu. Buatlah rencana A, B dan seterusnya. Hingga akhirnya, kamu menemukan strategi yang pas. Untuk referensi, berikut ada beberapa strategi marketing untuk produk baru yang mudah dipahami

Strategi Marketing Untuk Pemula

  • Pilih lokasi yang strategis

Strategi marketing untuk pemula yang pertama adalah menentukan lokasi yang strategis. Bagaimana menentukan lokasi yang strategis? Pertama, lakukan riset dengan berkunjung ke beberapa tempat ramai yang ada penjual dan pembeli saling bertemu. Lalu pikirkanlah, apakah produk yang kamu cocok untuk dipromosikan di tempat tersebut.

Jika kamu melakukan penjualan secara online, kamu bisa melakukan riset menggunakan google search console. Dengan menggunakan tools ini kamu bisa mengetahui jumlah pembeli di beberapa daerah dengan jumlah tertentu. Dari sini, kamu bisa menentukan lokasi daerah yang memiliki pembeli paling banyak pada suatu produk.

  • Memberikan pelayanan terbaik

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan baru, merupakan hal sepele yang tidak boleh kamu tinggalkan. Berusahalah untuk mengambil hati pelanggan baru, berikan solusi pada setiap masalah ketika memilih suatu barang. Kuncinya adalah selalu berinteraksi dengan pelanggan.

Setelah itu, kamu juga bisa memberikan diskon potongan harga untuk pelanggan yang sudah sering membeli produk-mu. Selain itu kamu juga bisa membuat kartu member. 

Dengan strategi marketing memberikan pelayanan terbaik, akan membuat perasaan pelanggan baru menjadi senang dan akan selalu teringat dengan pelayanan maksimal yang kamu berikan. Hingga konsumen akan datang kembali untuk membeli lagi produk tersebut.

  • Melakukan riset pasar

Tujuan melakukan riset pasar adalah untuk mengetahui besar kecilnya potensi produk untuk dijual dan untuk mengetahui kriteria konsumen. Selain itu dengan melakukan riset pasar, kamu bisa mengetahui jumlah kompetitor dan tingkat persaingan kompetitor yang sejenis dengan produk-mu.

Jika riset pasar menghasilkan nilai positif maka ketika kamu menjalankan pemasaran produk di tempat tersebut bakal berpengaruh banget dengan peningkatan penjualan. Tapi jika kamu belum juga mendapatkan tempat karena tidak ada tempat yang cocok untuk jualan. Lebih baik lakukan perbaikan terhadap produk, sesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan konsumen di pasar.

  • Pemasaran dengan sosial media

Siapa sih yang gak kenal dengan media sosial? Pasti semuanya kenal lah ya, apalagi jika kamu ingin mempromosikan produk baru lewat media sosial. Seharusnya kamu juga udah belajar sedikit demi sedikit soal teknik berjualan lewat media sosial.

Jika kamu sudah mempelajarinya, pastinya kamu akan menemukan beberapa platform media sosial yang bisa digunakan untuk jualan produk baru secara online. Tinggal menentukan platform mana yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk baru. Saran, pilih beberapa platform dan pelajari secara mendalam terlebih dahulu. Jangan berpindah pindah platform jika ilmunya belum matang.

  • Strategi pemasaran di acara tertentu

Salah satu menemukan sekumpulan konsumen dengan mudah dan cepat adalah dengan datang ke beberapa acara tertentu. Atau bekerjasama dengan penyelenggara acara untuk izin mempromosikan produk baru.

Dengan cara seperti ini, kamu tidak perlu susah-susah mencari konsumen, tinggal kerjasama dengan suatu acara lalu mempromosikan produk baru di acara yang dihadiri oleh calon-calon konsumen tersebut.

  • Strategi pemasaran menggunakan reseller

Strategi pemasaran untuk produk baru dengan menggunakan reseller sampai saat ini masih menjadi strategi yang efektif. Buka loker untuk menjadi reseller dengan menggunakan beberapa media sosial.

Setelah mendapat kan orang yang bersedia untuk menjadi reseller, buatlah beberapa team reseller. Dan tugasmu setelah itu hanyalah menyetok barang ke reseller jika produk yang mereka jual habis. Dengan teknik seperti ini, produk baru kamu dapat dengan cepat dikenal oleh konsumen.

  • Membuat kupon diskon belanja

Untuk membuat kupon diskon belanja kepada konsumen, kamu harus menyiapkan anggaran dana khusus. Untuk menghemat biaya, jika kamu memiliki relasi dan koneksi yang luas untuk diajak kerjasama, mungkin bisa saja teknik memberikan diskon kupon belanja ini dapat kamu lakukan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Tujuan dari membuat kupon diskon belanja adalah untuk membuat hati pelanggan berpikir bahwa produk atau bisnis ini bersahabat dengan mereka. Sehingga membuat pelanggan nyaman untuk menggunakan produk tersebut.

  • Pemasaran dari mulut ke mulut masyarakat

Teknik marketing untuk mencapai target yang terakhir yaitu pemasaran dari mulut ke mulut masyarakat. Jika kamu telah berhasil menggunakan teknik marketing produk baru. Pemasaran dari mulut ke mulut ini akan berjalan dengan sendirinya. Tanpa ada perintah dari pemilik produk.

Ketika konsumen sudah merasa terpuaskan dengan pelayanan atau kualitas produk, secara sadar konsumen akan menceritakan nilai positif atau kelebihan suatu produk yang mereka gunakan selama ini ke konsumen yang lain.

Baca Juga : Perbedaan Video Komersial Dan Nonkomersial

Strategi Marketing Paling Ampuh Di Tahun 2023

  • Live Streaming

Apakah akhir-akhir ini kamu melihat beberapa orang banyak melakukan live streminng jualan di beberapa media sosial? Jika iya, maka inilah salah satu teknik marketing baru dan paling ampuh di tahun 2023.

Meningkatnya pengguna media sosial di beberapa negara, membuat peluang atau lubang bisnis untuk berjualan lewat media sosial dengan cara live streaming semakin besar.

Tinggal bagaimana bisnis tersebut pintar berkata kata untuk membujuk konsumen yang melihat live streaming tersebut, agar penonton percaya dengan apa yang kamu omongkan soal manfaat produk yang kamu jual lewat live streaming.

  • Menggunakan Video Singkat

Posting konten video singkat di beberapa media sosial, untuk menjangkau konsumen lebih luas dan tertarget. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh beberapa pebisnis online untuk memperjualkan produk barunya.

Video ini bisa dikatakan sebagai vidio komersial atau video pendek yang memiliki tujuan untuk membujuk konsumen agar melakukan aktivitas sesuai dengan iklan tersebut. 

  • Pemasaran berbasis pengalaman pelanggan

Jika dulu teknik marketing harus menjelaskan kelebihan produk yang dijual, saat ini kenyataanya teknik tersebut telah berubah. Yang terjadi kini adalah pemasaran produk harus dapat menjawab kegelisahan dan kebutuhan pelanggan tentang suatu produk. Inilah yang dinamakan kunci utama pemasaran adalah pengalaman pelanggan.

  • Kegiatan CSR

CSR atau biasa kita sebut dengan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan teknik marketing baru di tahun 2023. Ada beberapa perusahaan yang saat ini sudah mulai menerapkan CSR dengan melakukan beberapa kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa aktivitas sosial tersebut seperti membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu, penanaman pohon, memberikan bantuan di bidang pendidikan dan lain-lain.

  • Berkolaborasi dengan influencer

Strategi marketing paling ampuh di tahun 2023 yang terakhir adalah berkolaborasi dengan influencer. Dengan bekerja sama dengan salah satu influencer terkenal, memiliki basis pengikut yang besar dan relevan bagi perusahaan atau produk baru dapat meningkatkan brand awareness. 

Yaitu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Jika ini berhasil, sebagai bonus dari penggunaan marketing influencer, maka bisnis kamu akan terkenal lewat strategi marketing dari mulut ke mulut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com