View

JT Digitally

Strategi Memperluas Jangkauan Pasar

Strategi Memperluas Jangkauan Pasar Lewat Media Sosial

Strategi memperluas jangkauan pasar – Dunia pasar memang sangat sulit di tebak. Apalagi saat ini, banyak pelaku bisnis UMKM yang bingung, karena pasar cepat berubah. Hingga menyebabkan mereka pasarah, tapi tidak untuk menyerah.

Pasrah mereka karena sudah melakukan strategi dan usaha yang mereka rencanakan, selebihnya mereka serahkan kepada tuhan. Jika kamu lagi cari cara untuk memperluas jangkauan pasar lewat dunia online, yuk terus belajar agar tidak menghilang dari line.

Memperluas jangkauan pasar memang tidak mudah bro, tidak semudah memperluas hutang. Waktu, kerja keras, strategi dan usaha, adalah cara – cara paling umum yang bisa kamu lakukan untuk saat ini. Seperti usaha mencari strategi jual beli online lewat artikel berikut ini.

Pengertian Jangkauan Pasar

Sebelum membahas tentang cara memperluas jangkaun pasar, alangkah lebih baik kita pelajari dulu tentang pengertian jangkauan pasar. Supaya nanti gak bingung ketika masuk ke pembahasan strateginya.

Jangkauan pemasaran adalah suatu aktivitas yang bisa mendukung para pengusaha untuk memperluas dan menguasai pasar yang ditargetkan. Dengan memperluas jangkauan pasar, tentu akan membuat bisnis tersebut berkembang semakin luas. Jangkauan bisnis yang semakin besar, maka tingkat penjualan pada sebuah perusahaan juga semakin terbuka lebar.

Strategi Memperluas Jangkauan Pasar

  • Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Dengan menggunakan teknologi, semua yang mungkin tidak akan terjadi, bisa saja terjadi. Sekarang, coba lihat, semua alat di bumi ini sudah dibekali dengan teknologi – teknologi canggih yang bisa membantu pekerjaan manusia.

Seperti halnya jika kamu memanfaatkan teknologi yang bisa digunakan untuk memperluas jangkauan pasar. Hasilnya akan lebih baik ketimbang kamu tidak menggunakan teknologi saat memperluas jangkauan pasar.

Sehingga terciptalah bisnis yang modern dan kekinian. Menciptakan rasa penasaran, sehingga bisa menarik banyak calon konsumen yang belum pernah bersinggah atau mampir di toko.

  • Gunakan Media Sosial Dan Marketplace

Setelah teknologi, lalu ada media sosial dan marketplace. Sudah tahukan manfaat media sosial dan marketplace dalam sektor bisnis? Jika sudah, yuk pelajari lagi, kembali konsisten lagi, ngonten lagi, posting produk lagi, udahan males – malesanya.

Terkadang kita itu tahu, bahwa cara memperluas jangkauan pasar itu lewat media sosial dan marketplace. Tapi terkadang hasil membuat seseorang belok arah dan gak konsisten.

Jika jatuh bagnkit lagi, belajar lebih udate tetang marketing di media sosial dan marketplace. Seperti membeli E-book, ikut kelas marketplace, kelas jualan online, membaca buku dan lain sebagainya, yang sekiranya bisa menambah wawasan di dunia jual beli online.

Kenapa harus seperti ini? Sebab saat ini manusia sudah suka banget berbelanja online, pada tanggal – tanggal tertentu para konsumen pasti akan mengeluarkan uang mereka untuk belanja lewat online. Praktis, hemat waktu, tenaga, banyak diskon menjadi alasan dari beberapa orang yang suka berbelanja online. Maka kamu bisa coba jasa pasang fb ads

  • Membangun Kolaborasi Dan Kemitraan

Strategi memperluas jangkauan pasar berikutnya dengan membangun kolaborasi dan kemitraan. Kerjasama ini bisa kamu lakukan dengan syarat memiliki basis pelanggan yang serupa atau saling melengkapi.

Contoh kerja sama berupa kemitraan promosi, melakukan distribusi bersama, proyek kolaboratif dan bentuk kemitraan lainya. Tidak mudah memang bekerja sama dengan menghadirkan dua belah pihak, banyak orang yang gagal ketika menggunakan strategi ini, tapi banyak juga yang berhasil, tapi diuji dengan kegagalan terlebih dahulu. Intinya kesabaran, kepercayaan dan konsistensi sangat penting ketika ingin membangun kolaborasi dan kemitraan dengan pihak kedua atau ketiga.

  • Cari Daerah Baru

Strategi ini bisa dikatakan membuka cabang baru di daerah baru. Dengan berdirinya cabang di daerah baru, kamu juga akan mendapat peningkatan jumlah pembeli. Tapi terkadang menentukan daerah baru untuk berjualan itu susah susah gampang.

Perlu banyak survei, mulai dari survei tempat, harga sewa toko dan survei dari pelanggan. Belajar dari pengalaman yang pernah saru lakukan untuk memperluas penjualan dengan membuka cabang.

Pada saat itu,  saya memang orang yang terbilang mudah dekat dengan pelanggan. Siapapun pelanggan yang membeli produk saya, pasti saja ajak komunikasi. Berawal dari basa – basi sebenarnya. Tapi keterusan dan bisa menjadi teman tambahan untuk saling bertukar pikiran.

Pertanyaan yang selalu aku berikan pada waktu itu adalah “asli mana”, untuk mengetahui daerah asal mereka. Setelah akrab, saya biasanya bertanya kepada beberapa konsumen loyal saya soal daerah mereka yang rekomen untuk berjualan atau buka cabang baru. Setelah itu, barulah dilakukan survei tempat.

  • Cari Karyawan Berkualitas

Jangan hanya produk yang harus berkualitas, tema kerja juga harus berkualitas. Untuk menciptakan team yang berkualitas, berikan fasilitas kantor yang nyaman, suasana kerja yang positif dan gaji yang sesuai. Memanusiakan manusia menjadi salah cara tentang bagaimana membuat atau membentuk karyawan yang berkualitas. 

Karena terkadang ketika mendapat karyawan yang berkualitas berdasarkan CV, rasanya kaan biasa – biasa aja ketika karyawan yang kamu anggap berkualitas tersebut gak bisa ajak bekerjasama atau banyak melawan kemauan yang kamu inginkan. mending cari yang bisa diajak bekerja sama kualitas biasa – biasa aja, berikan hak – hak karyawan saat bekerja. Maka secara otomatis karyawan tersebut pasti akan memiliki kualitas lebih baik yang bisa menumbuh kembangkan bisnis.

  • Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan

Strategi memperluas jangkauan pasar yang keenam dengan cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Kualitas karyawan memiliki peran penting pada poin keenam ini.

Inilah mengapa kamu harus bisa membangun tema yang berkualitas khususnya di bidang menjaga hubungan dengan pelanggan. Pelayanan sesuai SOP, sopan dan ramah juga termasuk kedalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Memberikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan akan membuat hati pelanggan senang dan merasa terbantu. Sehingga dapat memberikan peluang bagi kita untuk mendapatkan konsumen baru dari pelanggan lama yang merekomendasikan toko atau produk kamu.

  • Buat Inovasi Baru

Tidak ada perusahaan besar yang tidak melakukan inovasi baru. Pasti semua melakukan suatu inovasi baru pada produk atau jasa layanan. Dan ini sudah terjadi di lingkungan kita.

Jika kamu perhatikan produk – produk kesukaanmu waktu dulu kamu masih kecil. Saat ini apakah bentuk,rasa, kemasan nya masih sama seperti yang dulu? Pasti sudah beda kan, beda dari yang dulu, pasti lebih bagus. Sehingga bisa diterima dikalangan masyarakat sekarang.

Lalu coba pikirkan lagi, produk – produk apa yang dulu waktu kecil itu sangat terkenal dan laris, tapi sekarang kurang diminati bahkan bangkrut? Nah, ini dikarenakan mungkin kalah persaingan dengan kompetitor lain, tidak melakukan inovasi atau mungkin invasnunya kurang tepat.

Sekian 7 strategi memperluas jangkauan pasar dari JT Digitally. Kesimpulanya adalah selalu jaga hubungan dengan konsumen, entah itu konsumen lama atau konsumen baru. Hubungan tersebut bisa di bagun lewat media sosial, teknologi, inovasi dan secara langsung.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com