View

JT Digitally

Bongkar strategi bikin konten

Bongkar Strategi Bikin Konten Dari Para Ahli

Bongkar strategi bikin konten – Bikin konten terkadang memakan banyak waktu. Apalagi kalau kamu orangnya super sibuk bekerja. Ditambah lagi dengan belum tahunya soal strategi bikin konten yang lebih cepat berikut ini.

Coba bayangkan berapa kira – kira waktu yang kamu perlukan untuk membuat satu konten. Setiap konten diawali dengan mengumpulkan ide, riset, editing konten hingga penjadwalan postingan. Kira – kira butuh waktu berapa tuh? Apakah cukup satu hari? Atau dua hari? Itupun jika kamu gak ada pekerjaan lain ya, kalau ada pekerjaan lain pasti akan lebih dari dua hari atau bahkan lebih. Jika dikerjakan secara mandiri, tidak menggunakan jasa manajemen media sosial.

Apalagi untuk kebutuhan konten Reels dan Tik Tok yang perlu shoot video dulu, pasti akan lebih lama kan. Maka dari itu berikut ini ada cara supaya proses pembuatan kontenmu lebih cepat namun tetap tertata dan konsisten. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Strategi Bikin Konten Yang Cepat Namun Tertata

Emang bisa membuat konten cepat tapi masih tertata? Bisa banget dong, asal kamu tahu caranya. Ada beberapa orang yang memang cepat dalam membuat konten, tapi hasilnya belum tertata dengan rapi. Hasilnya malah konten yang terposting di halaman Instagram malah tidak enak untuk dipandang. Ya kan? Coba dan ikuti cara berikut ini jika kontenmu ingin terlihat rapi.

  • Membuat List Content Plan

Strategi pertama yaitu dengan membuat tabel rencana konten di Excel atau Spreadsheet. Kalau pengen yang mudah dan bisa diakses oleh siapapun, silahkan untuk menggunakan Spreadsheet yang tersedia di Google Drive.

Untuk membuat list content plan langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi konten. Referensi konten bisa kamu temukan dengan cara kepo akun sebelah. Pilih konten yang memiliki tema yang sama. Gunakan konten tersebut sebagai referensi bukan untuk di copy paste.

Langkah kedua yaitu menentukan ide konten. Dari referensi itulah kamu bisa menemukan ide – ide konten yang unik dan berbeda dari yang lain. Ketiga adalah menulis judul pada setiap konten. Usahakan untuk menulis judul yang dapat menarik banyak perhatian. Jadi penonton bisa membaca atau melihat konten sampai selesai.

  • Bikin Template dan Kumpulan Materi Kebutuhan

Menentukan warna palette serta membuat desain template dasar untuk konten. Buatlah 1 hingga 2 jenis template dengan warna yang berbeda namun tetap satu nada dengan color palette kamu.

Kemudian kumpulkan Tools dan materi kebutuhan konten seperti gambar, vector, icon, font dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan proses pembuatan template.

  • Melakukan Editing Konten Secara Bertahap

Mulai proses editing data list konten yang sudah kamu buat secara bertahap, mulai dari list pertama hingga terakhir. Aktivitas ini bertujuan untuk membuat tabungan konten. 

Tabungan ini akan berfungsi ketika kamu masih ada pekerjaan lain dan tidak sempat untuk membuat desain. Kamu bisa mengambil desain konten dari tabungan tersebut. 

Jadi usahakan menabung konten kalau pas ada waktu longgar. Karena kedepannya juga pasti akan jauh lebih enak, daripada tidak memiliki tabungan konten.

Kemudian jadwalkan kapan kamu proses editing dan targetkan beberapa konten yang akan kamu buat dalam 1 waktu. Misalnya 1 hari kamu harus menyelesaikan 2 list konten atau 3 list konten.

  • Buat Copywriting Dan Scheduling Post

Bongkar strategi bikin konten yang terakhir adalah dengan membuat copywriting dan scheduling post. Siapa nih yang masih suka kebingungan ketika membuat copywriting? hehe, semoga gak bingung ya, perbanyak baca buku aja kuncinya.

Buat copywriting atau caption untuk setiap konten yang akan kamu baut dengan menggunakan bahasa yang santai, mudah di pahami dan tidak terlalu panjang. Lalu mulai jadwalkan post harian secara manual atau otomatis menggunakan Tools meta Business Manager.

Baca Juga : Strategi Mendapatkan Seribu Follower

Ide Konten Yang Bikin Akun Olshop Naik Level

Pada umumnya akun online shop (Olshop) diisi dengan postingan produk yang dijual atau postingan jasa yang disediakan. Dengan isi konten yang menampilkan spesifikasi dan harga barang dan jasa.

Ide konten yang seperti ini sebenarnya sah – sah aja, tidak ada larangan dari pihak manapun. Karena pembeli juga perlu mengetahui konten dengan foto produk, spesifikasi dan harga.

Tapi, dengan adanya marketplace seperti shopee, Lazada, Tokopedia dan lain – lain dimana persaingan semakin ketat. Dan setiap olshop selalu menonjolkan kelebihan produknya masing – masing.

Jadi, kamu sebagai pemilik olshop harus pinter – pinter putar otak agar produkmu tetap laku dan dipercaya oleh konsumen. Salah satunya dengan mengoptimalkan postingan konten lewat media sosial seperti Instagram. Berikut ini ada 4 ide postingan yang bikin akun olshop kamu naik level.

  • Tampilkan Kelebihan Produk

Ide konten yang pertama yaitu membuat konten yang berisis kelebihan produk atau jasa. Selain itu kamu juga bisa memberikan penjelasan barang tersebut bisa digunakan untuk apa saja. Menonjolkan setiap kegunaan produk dalam video tersebut.

  • Social Proof

Konten yang berupa foto atau video review produk yang dibuat oleh konsumen akan memberikan kesan asli dan tidak dibuat – buat. Kalau di marketplace seperti Shopee konsumen dapat dengan mudah bisa memberikan review karena terdapat kolom khusus untuk review produk. Nah, kalau jualan mu cuma di medsos kamu meminta review dari para pembeli dengan Gimmick diskon atau bonus.

  • Related Tips

Ide yang ketiga adalah dengan membuat konten berupa trik dan tips, edukasi, lifehack, tutorial yang masih tentunya masih berhubungan produk, kalau itu ada. Contohnya, jika kamu memiliki produk alat penyedot debu ukuran kecil. Maka kamu bisa membuat konten tentang cara membersihkan debu di sudut – sudut sofa yang sangat sulit dibersihkan.

  • Behind The Scene

Untuk yang terakhir adalah jenis konten yang paling menarik yaitu konten yang menunjukan kegiatan dibalik layar olshop kamu. Apa tujuanya? Dengan menunjukan kegiatan dibalik layar olshop kamu, dapat menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap produk atau jasa.

Itu dia bongkar strategi bikin konten yang bisa kamu terapkan untuk menaikan followers ataupun untuk meningkatkan penjualan di olshop kamu. Memang tidak mudah, tapi apabila aktivitas ini dikerjakan bersama dengan tim yang kompak dan dikerjakan dengan wawasan yang luas pasti akan berhasil. jangan lupa untuk menuangkan ide – ide kreatif agar hasilnya berbeda dengan yang lain.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com