View

JT Digitally

Desain kemasan modern untuk makanan

Desain Kemasan Modern Untuk Makanan Kekinian

Desain kemasan modern untuk makanan – Sifat ragu – ragu pada dasarnya merupakan tipu daya. Jika kamu terbiasa terjebak di dalam keraguan dan sulit mengambil keputusan, sebenarnya kamu mungkin menjadi orang yang tidak memiliki pendirian. Kamu perlu aktif mengambil resiko, dimanapun kamu berada dan temukan strategi terbaik yang menghalangi keuntungan dari ketidakstabilan.

Seperti halnya dalam mengambil resiko untuk membuat desain kemasan modern. Sifat ragu sering kali muncul di pikiran dan seringkali malah terjebak di dalam keraguan tersebut. Maka perlu pendirian yang kuat untuk mengambil setiap keputusan yang memiliki resiko masing – masing.

Keperluan desain pada packaging box makanan, desain kotak kue unik, kemasan makanan oleh – oleh dan seterusnya saat ini sudah banyak permintaan. Permintaan ini biasanya ditujukan kepada penyedia jasa desain packaging yang ada pada setiap wilayah. Lalu bagaimana menentukan desain kemasan modern?Untuk menjawabnya, kita mulai pembahasan dari manfaat kemasan modern.

Manfaat Kemasan Modern

  • Manfaat Bagi Konsumen

Sebelumnya apakah kamu pernah kagum dan senang dengan salah satu kemasan pada suatu brand? Jika pernah, itulah salah satu manfaat kemasan modern untuk konsumen.

Manfaat pertama yang kana konsumen dapatkan adalah untuk memudahkan konsumen saat membawa barang kemanapun dia pergi. Dengan kata lain, memberikan kepraktisan bagi konsumen.

Dengan begitu sudah dapat dipastikan isi di dalam kemasan tidak akan mudah tumpah, geser dan rusak. Pasti konsumen akan merasa lebih nyaman ketika membawa barang yang memiliki packaging yang inovatif dan sesuai kebutuhan.

Lalu manfaat yang kedua yaitu soal kepuasan konsumen. Rasa puas yang didapatkan konsumen dapat menyebabkan rasa senang, apalagi jika kemasannya memiliki tampilan yang kekinian dan modern, pasti dapat memberikan kepuasan besar pada konsumen.

  • Manfaat Bagi Produsen

Manfaat yang paling kelihatan ketiak menggunakan kemasan modern untuk produsen yaitu dapat meningkatkan penjualan, nama atau citra brand juga akan ikut terangkat dan dengan kemasan modern dapat mempererat ikatan antara produsen dan konsumen.

Bahan Dasar Desain Kemasan Modern

Sudah sepantasnya kita sebagai pengusaha yang ingin berkembang menjadi besar harus mencontoh beberapa perusahaan besar yang memiliki kemasan modern dan aman. Maka, apa saja sih bahan dasar kemasan modern itu? Penasaran, beriku tini penjelasannya.

  • Kemasan Berbahan Kertas

Sudah sepantasnya kemasan berbahan kertas ini masuk ke dalam bahan kemasan modern. Sebab mudah terurai dan tidak menimbulkan sampah plastik yang sangat susah untuk di daur ulang. Tapi kemasan yang menggunakan bahan dasar kertas tidak bisa mengemas barang basah. Kemasan berbahan kertas ini hanya bisa digunakan untuk produk kering saja.

  • Berbahan Aluminium Foil

Bahan kemasan modern selanjutnya yaitu alufoil (aluminium foil). Sudah banyak beberapa brand yang menggunakan bahan kemasan ini untuk membungkus produk khususnya produk basah. 

Masalah berat, kemasan berbahan aluminium foil juga lebih ringan, apabila dibandingkan dengan bahan kemasan seperti baja ringan yang biasa digunakan untuk membuat kemasan kaleng.

  • Menggunakan Kain Blacu

Pernah mendengar kain blacu? Jika belum, kain blacu ini biasanya digunakan pada kemasan produk seperti tepung dan tepung tapioka. Kemasannya berbentuk kantung – kantung dengan kapasitas berat 10 sampai 50 kg

  • Berbahan Karton

Bahan packaging yang terakhir yaitu karton. Karton sebenarnya juga berbahan dasar kertas, namun ini lebih tebal dan kuat, karena biasa digunakan untuk melapisi bagian luar produk yang berguna sebagai pelindung utama bagian luar. Dulu mungkin masih banyak yang menggunakan kayu untuk melapisi bagian luar produk, tapi saat ini bahan karton menjadi bahan kemasan modern yang tepat karena lebih murah, mudah untuk di desain dan elastis. 

“Hari di mana Anda menerima tanggung jawab dan berhenti mencari alasan, pada hari itulah Anda mulai melangkah menuju sukses”

– O.J. Simpson.

Baca juga : Tren Desain Grafis 2024

Desain Kemasan Modern Untuk Makanan

Banyak hal-hal yang menarik jika membahas soal desain. Experimen – experimen yang dilakukan para desainer profesional selalu menghasilkan karya yang luar biasa, sehingga bisa membuat mata konsumen terhipnotis untuk sementara. Di tahun 2024 ini ada desain kemasan modern untuk semua jenis produk. Jika ingin mencoba, silahkan pahami dan baca paragraf berikut ini.

  • Menggunakan Font Tebal

Penggunaan font tebal pada desain kemasan, saat ini juga sudah ramai digunakan loh. Jika kamu sering berbelanja, pasti sudah pernah menemukan beberapa produk yang menggunakan font tebal pada kemasannya.

  • Bloking Warna Kemasan

Untuk menjadikan kemasan lebih alami, saat ini para desainer lebih memilih untuk menggunakan gari melengkung dari pada garis lurus. Teknik seperti ini akan memberikan kesan desain buatan tangan yang minimalis.

  • Desain Minimalis

Tren desain kemasan minimalis, memiliki tujuan untuk keterbukaan antara produsen dan konsumen. Dengan desain yang minimalis atau sederhana, menandakan tidak ada satupun rahasia yang disembunyikan dari manfaat atau bahan dasar yang digunakan. Sehingga benar – benar aman untuk dikonsumsi. Kemasan akan terlihat rapi dan mewah, sehingga kualitas produk benar – benar terlihat dari luar.

  • Desain Perpaduan Tahun 60-an dan 90-an

Gaya desain pada tahun 60 dan 90 an memang tidak bisa ditinggalkan. Buktinya, masih banyak brand – brand yang menggunakan gaya desain pada tahun ini. Contohnya brand yang memiliki produk pakaian rock and roll.

  • Faux 3D Deco

Desain kemasan modern untuk makanan yang kelima yaitu faux 3D deco. Desain ini juga bisa kamu coba, jika kamu tidak suka desain yang minimalis. Seni grafis 3D dapat menampilkan pandangan menggunakan trik optik. Sehingga dapat memberikan kesan kedalaman ruang yang memiliki arti brand juga memikirkan masa depan yang akan datang.

  • Percantik Kata – Kata

Apapun jenis kampanye jualan yang kamu lakukan, bagian desain yang paling penting adalah bab kata. Orang ngomong dengan bahasa yang sopan dan nada yang ramah dapat membuat pendengar suka dan bersedia untuk mendengarkan omongan sampai akhir.

Sama halnya seperti penggunakan kata – kata pada desain kemasan. Gunakan kata yang jelas, tidak panjang dan mudah dipahami. Jangan sampai salah memilih kata yang tidak memiliki makna.

  • Cantumkan Kode QR

Kode QR sudah merajalela di toko, kemasan, pamflet, rumah makan dan tempat – tempat umumnya, benarkan? Mencantumkan kode QR pada kemasan juga menjadi salah satu tren desain kemasan di tahun 2024 ini. Kode QR biasanya berisikan informasi mengenai produk atau informasi perusahaan.

Itulah 7 desain kemasan modern untuk makanan. Mungkin ada beberapa desain yang belum kamu ketahui ada juga yang sudah. Memiliki desain packaging modern akan memiliki peluang lebih besar dalam meningkatkan penjualan. Maka dari itu, yuk lakukan inovasi pada kemasan brand kamu, agar konsumen merasa semakin puas dan senang ketika membawa produk.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com