View

JT Digitally

Manajemen media sosial tiktok

Manajemen Media Sosial Tiktok Untuk Promosi

Manajemen media sosial tiktok – Setiap orang harus mempunyai kemampuan manajemen di dalam hidupnya. Entah itu manajemen waktu, media sosial, keuangan dan manajemen lainnya. Terutama bagi seorang pebisnis, seorang pebisnis harus bijak dalam manajemen sesuatu.

Terutama di dalam manajemen perusahaan, ketika ingin melakukan sebuah kampanye melalui media sosial seperti Tiktok.Waktu adalah segalanya. Setiap manusia memiliki jatah waktu yang sama, yaitu selama 24 jam. Namun banyak orang yang masih meremehkan waktu.

Hingga munculnya istilah “tidak punya waktu” dan “tidak cukup waktu”. Bahkan sering kali alasan tersebut  dijadikan alasan kuat untuk menunda atau atau menghindari sebuah tanggung jawab. Maka jika kamu ingin berhasil melakukan kampanye lewat TikTok lakukan manajemen waktu untuk belajar tentang bagaimana memanajemen sosial media Tiktok.

Cara Untuk Membuat Konten Yang Saling Berhubungan

Seru gak sih, jika konten yang berada di salah satu akun mu saling berhubungan atau selaras temanya? Pasti seru dan enak dilihat kan ya. Para target audience pasti juga akan merasa terbantu dengan konten bermanfaat tersebut, selain itu juga enak dipandang dan rapi. Untuk itu,berikut ini ada 7 cara manajemen media sosial tiktok.

  • Bentuklah Karakter Dan Identitas

Macam – macam karakter dan identitas konten di tiktok seperti konte kecantikan, kesehatan, komedi, dance, fashion, quotes dan lain sebagainya. Itulah yang dinamakan karakter dan identitas pada konten tiktok.

Kenapa harus membentuk ini? Sebab Tiktok selalu mengerti apa konten yang disukai oleh user. Maka apapun jenis konten tiktok  yang di sukai dan komen akan muncul kembali dengan tema konten yang hampir sama.

  • Membuat Cerita 

Membuat video dengan menggunakan cerita kepada para audiens, entah dalam bentuk kata – kata, gambar dan foto dalam bentuk video. VIdeo dalam bentuk cerita yang tidak terlalu panjang, akan memperpanjang kekuatan nama brand.

Selain itu juga bisa membangun sebuah kepercayaan terhadap suatu brand. Sehingga bisa menciptakan brand dengan komunikasi dua arah. Artinya seseorang yang melihat video akan dengan hati menyebarkan luaskan video yang penonton.

  • Gunakan Musik dan Gaya Yang Lagi Trend

Kreativitas seorang konten kreator, diuji menggunakan lagu – lagu yang lagi trend di dunia Tiktok. Pengelola media sosial Tiktok harus berpikir keras tentang, bagaimana cara menggunakan lagu yang lagi naik daun ke dalam brand. Sehingga nama brand juga bisa masuk ke dalam FYP Tiktok.

  • Optimasi Hashtag

Fungsi hashtag adalah sebagai alat untuk mencari konten yang tidak muncul di halaman FYP user. Maka dalam menggunakan hashtag, para konten kreator tidak boleh sembarangan, saat menggunakan. 

Selaraskan dengan tema konten, sehingga ketiak ada user yang mencari tentang berita yang diinginkan langsung ketemu dan sesuai dengan hashtag. Kamu juga bisa membuat hashtag pribadi, serta juga bisa melihat berapa jumlah user yang telah menggunakan hashtag yang kamu buat.

  • Optimasi Kata Kunci

Manajemen media sosial tiktok yang kelima yaitu optimasi kata kunci. Baru – baru ini tiktok mengeluarkan fitur baru, yang berguna untuk mencantumkan kata kunci pada setiap konten yang ingin di posting. Seperti hanya Google. Tiktok saat ini juga sudah menggunakan kata kunci, sehingga bisa membantu proses pencarian konten. Sebenarnya sama seperti hashtag,cuma kata kunci ini lebih spesifik aja.

  • Upload Konten Dengan Konsisten

Apapun aktivitasnya, kuncinya adalah konsisten. Seperti halnya konsisten dalam posting konten di Tiktok. Ketika kamu sudah mendapatkan jumlah follower banyak dan sudah banyak orang yang menganggap kontenmu bermanfaat untuk masyarakat pasti banyak yang akan terus mencari informasi di akunmu.

Bayangkan ketika kamu berhenti posting konten, pasti follower kamu secara perlahan akan menurun, dari segi penonton, like dan komen. User akan beralih ke akun kompetitor lain yang lebih aktif. 

  • Memaksimalkan Fitur Tiktok

Fitur yang bisa kamu memaksimalkan ketika ngoten dik Tiktok adalah like, komen, share dan live Tiktok. Dari beberapa fitur tersebut yang paling banyak digunakan adalah fitur live. 

Saat ini banyak para pebisnis yang mempromosikan brand merak lewat live Tiktok. Dengan membentuk tim khusus untuk penjualan live Tiktok. Dan hasilnya rata – rata luar biasa, bahkan bisa melebihi penjualan offline.

Baca Juga : Desain Kemasan Modern Untuk Makanan

Menggunakan Thumbnail Pada Video

Thumbnail merupakan gambar bagian kecil yang berada di 3 detik pertama pada saat video akan diputar. Thumbnail biasanya diisi dengan copywriting dan visualisasi yang mengandung unsur kepowriting. 

Kepowriting merupakan kata yang bertujuan untuk memunculkan rasa penasaran kepada para penonton. Sehingga memunculkan rasa penasaran untuk menonton video sampai akahir. Nah, untuk lebih jelaskan, berikut ini ada 3 manfaat menggunakan thumbnail pada 3 detik pertama pada bagian video.

Manfaat Menggunakan Thumbnail

  • Akan Lebih Banyak Mendapat Perhatian

Kualitas thumbnail yang bagus dapat menunjukan kepada para penonton bahwa kamu benar – benar sudah berusaha keras untuk membuat video tersebut. Usahakan thumbnail yang kamu buat dalam bentuk gambar, jangan pernah membuat thumbnail dengan kata – kata saja. 

  • Dapat Memberikan Konteks Pada Pengguna

Rata – rata orang yang menggunakan media sosial tiktok cenderung terburu – buru dan tidak mau menghabiskan waktu yang berharga untuk menentukan konten yang akan mereka konsumsi.

Jika kamu telah membuat penonton membaca deskripsi video, audiens harus memulai menontonnya untuk lebih memahami kontenya, maka sudah bisa dipastikan penonton tersebut akan lebih memilih untuk menonton konten lain yang lebih mudah dipahami. Maka dengan demikian fungsi thumbnail sebagai sarana untuk menyampaikan semua informasi yang diperlukan sejak awal.

  • Untuk Membangun Identitas Visual

Manfaat menggunakan thumbnail yang terakhir yaitu untuk membangun identitas visual. Selain itu juga bisa menjadi tanda pengenal bahwa itu adalah konten dari brand kamu.Cara yang paling efektif untuk membuat identitas visual adalah dengan menggunakan beberapa elemen penting seperti logo pada thumbnail, misalnya.

Cara Agar Tiktok FYP

  • Dengan Cara Memaksimal Kualitas Video

Dari sebagian pengguna Tik Tok juga sudah paham akan hal ini. Membuat video dengan kualitas gambar yang jernih dan baik menjadi salah satu tolak ukur untuk konten agar masuk FYP (For Your Page).

  • Selalu Mengikuti Trend Musik Di FYP

Cara agar konten masuk FYP selanjutnya yaitu dengan menggunakan musik yang lagi populer atau viral. Maka selalu lakukan riset setiap hari tentang lagu – lagu apa saja yang lagi naik daun di aplikasi Tiktok.

Cara ini akan menghasilkan algoritma Tiktok merekomendasikan video kepada orang – orang yang memiliki kesukaan pada musik yang sama.

  • Mengikuti Trend dan Challenge Video

Cara yang ketiga ini termasuk krusial guna meningkatkan trafik serta  follower Tiktok. Tips mudah untuk mengetahui trend dan challenge yang ada di Tiktok dengan meninjau dari menu “Discover”.

  • Perhatikan Jam FYP Tiktok

Manajemen media sosial Tiktok yang keempat memperhatikan jam FYP. Prime time merupakan waktu terbaik dalam mengupload konten agar mendapatkan engagement yang lebih tinggi. Jam FYP Tiktok sebenarnya berdasarkan analisis para konten kreator yang telah berhasil mendapatkan banyak konten FYP di akunya. Mereka membaca aktivitas para pengguna Tik Tok, jam berapa mereka menggunakan Tiktok. Sehingga munculah optimasi jam posting Tiktok.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com