View

JT Digitally

Jenis Foto Produk Paling Elegan

Jenis Foto Produk Paling Elegan Dan Menarik

Jenis foto produk paling elegan – Membahas soal foto produk, saat ini foto produk sudah menjadi komponen pokok untuk mempromosikan suatu produk . Semua jenis media online pasti memerlukan yang namanya foto, ya kan? Maka kamu juga harus paham betapa pentingnya foto produk itu harus ada.

Yang menjadi masalah dalam penggunaan foto produk untuk membuat bisnis lebih berkembang adalah soal teknik pemotretan dan jenis foto. Sebagai pemula tentu akan mengalami kebingungan dalam memotret suatu objek, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Apalagi jika pemula masih kekurangan alat pendukung untuk foto produk seperti kamera.

Berbeda dengan seorang  fotografer yang sudah mengerti dan paham tentang bagaimana cara mengambil foto yang baik. Jadi jangan heran jika foto produk yang dihasilkan lebih bagus dan berkualitas. Maka banyak pebisnis yang lebih memilih untuk menggunakan jasa foto produk agar mendapatkan hasil baik dan bermanfaat untuk jangka waktu panjang.

Jika kamu ingin mencoba untuk memproduksi foto produk bersama team sendiri, kami akan memberikan rahasia yang mungkin bisa kamu jadikan referensi dan kamu coba di kantor ataupun rumah, berikut penjelasanya.

Cara Membuat Foto Produk Yang Berkualitas

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk memiliki kualitas foto produk yang baik. Seorang pemula dalam memotret foto produk juga ingin menghasilkan foto produk berkualitas dengan hasil jepretan sendiri. Maka dari itu simak beberapa tips foto produk untuk pemula berikut ini.

  • Pemilihan latar belakang yang tepat

Warna latar belakang yang biasa digunakan oleh fotografer profesional adalah latar belakang dengan warna putih dan warna cerah. Alasan supaya pada saat proses editing warna putih atau cerah akan lebih mempermudah saat proses editing dan retouch foto.

  • Gunakan kamera yang memadai

Jangan minder karena belum bisa membeli kamera modern. Jika kami belum memiliki kamera jalan pintas untuk mendapatkan hasil jepret terbaik adalah dengan menggunakan smartphone.

Dengan dukungan kamera handphone dan beberapa aplikasi untuk fotografi atau mengedit maka akan menghasilkan hasil foto produk yang baik pula. Tapi jika dibandingkan dengan menggunakan kamera khusus memang jauh, tapi paling tidak kamu sudah memiliki foto produk yang nantinya siap untuk kamu publikasikan,

Seiring berjalanya waktu, mulailah untuk menyisihkan uang untuk kemudian membeli kamera sendiri atau menggunakan jasa foto produk profesional. Supaya kamu memiliki foto produk paten.

  • Siapkan tripod

Untuk pemula, biasanya gambar yang dihasilkan banyak yang blur atau tidak fokus. hal ini dikarenakan pergerakan tangan yang kadang terlalu banyak gerak atau gemetar. Untuk menghindari masalah ini, maka gunakanlah alat tripod, agar smartphone atau kamera stabil dan dapat menghasilkan gambar yang fokus dan tidak blur. 

  • Atur pencahayaan di ruang pemotretan

Cara membuat foto produk yang berkualitas berikutnya adalah memperhatikan pencahayaan ruangan tempat foto. Pencahayaan yang bagus menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan foto berkualitas dalam dunia fotografi.

Dalam dunia fotografi, terdapat dua sumber pencahayaan yaitu  natural light dan artificial light. Natural light adalah pencahayaan yang paling ideal. karena teknik ini diterapkan pada saat waktu siang hari dengan pencahayaan sinar matahari saat terang. Sehingga kamu mendapatkan cahaya alami dan optimal. 

Lalu artificial light adalah alat bantu khusus memberikan penerangan saat proses pemotretan pada ruangan yang kekurangan cahaya. alat ini bisa kamu jumpai dan beli di toko khusus kamera atau di beberapa marketplace.

  • Ambil gambar sebanyak-banyaknya

Ambil gambar sebanyak-banyak dengan cara melakukan pemotretan dari berbagai angle. Agar setelah pemotretan selesai kamu memiliki lebih banyak opsi dan variasi foto yang cocok untuk dijadikan foto produk.

  • Lakukan proses editing dan retouch foto

Cara membuat foto produk yang berkualitas yang terakhir adalah melakukan proses editing dan retouch foto. Setelah proses pemotretan selesai, maka langkah terakhir adalah proses memilih dan editing. Dan tambahan proses setelah editing adalah proses retouching. Proses ini akan membuat foto lebih profesional dan memiliki kualitas, pencahayaan dan komposisi yang konsisten.

Baca juga : Komponen Penting Dalam Strategi Branding

Jenis Foto Produk Paling Populer

  • Group Shots

Jenis foto produk paling elegan yang pertama adalah group shots. Sesuai dengan namanya, jenis foto ini memerlukan objek tambahan atau properti pendukung atau produk lain yang masih satu jenis. Jenis foto ini biasa digunakan untuk foto produk kits atau collection.

Tujuan jenis foto ini adalah untuk memberikan informasi tentang variasi produk dan memberikan konsumen penawaran produk secara lengkap. foto produk ini juga cocok untuk bahan jika ingin melakukan iklan berbayar.

  • Individual Shots

Jenis foto produk yang kedua artinya hanya menggunakan satu objek saja alias tidak menggunakan properti tambahan lain. oto produk ini sudah banyak digunakan dan pasti kamu sudah pernah menjumpainya. Jenis foto ini biasa diterapkan untuk keperluan foto katalog dan banner.

  • White Background Shots

White Background Shots adalah jenis foto yang menggunakan latar belakang putih. Jenis foto ini juga menjadi favorit para pebisnis dalam membuat foto produk. Terkesan simpel dan sederhana, namun jenis foto ini mampu dan sangat efektif untuk membuat foto produk terlihat lebih bersih, rapi dan juga elegan. Jenis foto ini akan banyak kamu jumpai ketika mengunjungi toko marketplace.

  • Lifestyle Action Shots

Lifestyle Action Shots adalah jenis foto yang bertujuan untuk menyampaikan bagaimana cara produk digunakan dalam aktivitas setiap hari. Jadi kamu harus memikirkan dan mempersiapkan properti pendukung lainya. Jenis foto produk ini cocok dipakai pada halaman landing page dan media sosial.

  • Scale Shots

Jenis foto produk yang kelima adalah scale shots. Tujuan jenis foto ini adalah untuk memberitahu konsumen tentang ukuran produk yang sebenarnya. Jenis ini untuk menyelesaikan masalah konsumen yang bingung ketika belanja online. Mereka bingung soal memperkirakan ukuran produk asli.

Dengan scale shots pelanggan akan lebih mudah membayangkan produk dan membandingkan ukuran dengan produk sehari-hari

  • Detailed Shots

Detailed shots cocok digunakan untuk foto produk yang ingin menunjukan detail produk secara jelas. Jenis ini juga cocok untuk foto produk yang memiliki ukuran kecil. Sehingga perlu menggunakan teknik close-up.

Produk yang cocok menggunakan jenis foto ini seperti produk perhiasan, produk sepatu yang menunjukkan jahitan rapi dan produk pakaian yang ingin menunjukan kualitas kain.

  • Ghost Mannequin Photography

Jenis foto ini digunakan jika kamu tidak memiliki talent untuk foto produk. Contohnya foto produk jersey yang terlihat menempel pada tubuh seseorang. Sehingga jenis gambar ini akan memberikan efek 3 dimensi pada produk. Sehingga akan membuat foto lebih menarik dan profesional.

  • Packaging Shots

Jenis kemasan dan desain kemasan produk menjadi bagian yang akan diperhatikan konsumen memilih foto produk. Jika kamu memiliki  packaging yang inovatif dan istimewa untuk ditonjolkan makan foto ordik kamu bisa menggunakan jenis foto ini.

  • 360 Product Photography

Untuk memproduksi jenis produk ini kamu memerlukan usaha extra. Pasalnya kamu harus menyediakan alat tambahan seperti meja putar. Mengambil gambar produk sampai berkali-kali dan berbagai sisi. Setelah itu baru kamu lakukan penggabungan foto untuk kemudian menjadi satu. Jenis foto produk yang terakhir ini juga dipercaya mampu menggaet lebih banyak konsumen loh. 

Itulah jenis foto produk paling elegan.Silahkan pilih jenis foto produk sesuai dengan kebutuhan brand. Bila penasaran silahkan mencoba semua jenis, temukan hasil yang terbaik. Selamat mencoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *