View

JT Digitally

Kendala Strategi Marketing di Lapangan dan Solusinya

Kendala Strategi Marketing di Lapangan dan Solusinya

Kendala strategi marketing di lapangan itu jelas ada, dan setiap kendala pasti ada solusi jika ada kemauan dan tekad yang kuat. Sebuah bisnis tidak akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dan kuat tanpa adanya masalah masalah yang pernah dilaluinya. Semakin bisnis tersebut lolos melewati segala jenis ujian, maka akan semakin kuat.

Dan salah satu masalah besar yang biasa terjadi ketika menjalankan strategi marketing adalah strategi pemasaran yang tidak mencapai target. Dari kendala tidak tercapainya target, pasti ada beberapa masalah yang menyebabkan target yang kamu inginkan tidak terjadi.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan mengidentifikasi sumber masalah tersebut. Telusuri setiap masalah dengan teliti dan mulailah untuk menulis semua solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Berikut ini ada beberapa kendala strategi marketing di lapangan yang umum terjadi. Bila masalah marketing ini sedang kamu alami, mungkin artikel ini bisa kamu jadikan referensi untuk mencari solusi.

Masalah Strategi Marketing yang Sering Terjadi di Lapangan

  • Kurang Memahami Permasalahan Konsumen

Hal sepele yang biasa terjadi antara konsumen dengan pelanggan adalah  lupa membalas pesan dari pelanggan. Entah itu pesan lewat media sosial, google maps dan chat.

Sadar atau tidak sadar, perilaku ini akan membuat konsumen tidak ingin kembali lagi ke bisnismu, alias mending coba ke toko sebelah. Lalu bagaimana Solusinya?

Balas setiap chat pelanggan yang masuk, paling tidak ucapkan terimakasih. Kalau ada komplain, nikmati dan gali semua permasalahannya. Jadikan komplain tersebut untuk bertumbuh lebih baik. 

Dengan cara seperti ini, bisnismu akan mendapatkan masalah dan solusi yang cocok untuk target market jualan, sehingga bisa meningkatkan omset jualan dan jumlah pelanggan semakin banyak.

  • Pemilihan Target Market Yang Kurang Spesifik

Kesalahan kedua yang sering terjadi yaitu pemilihan target market yang kurang spesifik. Solusinya, belajarlah cara menentukan target market. Supaya informasi tentang produk yang ingin kamu sampaikan tepat sasaran dan dapat diterima oleh konsumen.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah membangun personal buyer atau berhasil memahami kebutuhan pelanggan yang sebenarnya. Jadi apakah proses menentukan target market kamu selama ini sudah benar dan sudah spesifik? Silahkan cek kembali.

  • Masalah Waktu

Maksud dari masalah waktu adalah soal waktu membagikan konten marketing.Coba cek ulang sekali lagi, barangkali ada yang kurang pas dalam menerapkan waktu posting konten produk.

  • Pemilihan Strategi Promosi Yang Kurang Tepat

Sudah berapa jenis strategi promosi yang pernah kamu gunakan? Apakah dari salah satunya sudah membuahkan hasil? Jika belum mungkin pilihan strategi yang kamu terapkan kurang pas. Dan silahkan untuk mencoba strategi lain seperti live tiktok, live ig, voucher dan lain-lain.

  • Strategi Branding Yang Kurang Kuat

Seharusnya kamu juga sudah tahu, bahwa branding bukanlah hal sepele dan menjadi salah satu hal penting untuk tidak ditinggalkan. Sebab perusahaan yang berhasil merancang strategi branding yang keren dan unik sesuai dengan produk, akan membuat peluang besar untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Tanpa takut bersaing dengan brand lain. Konsumen akan selalu mengingat, hafal dengan ciri – ciri produk tersebut. Kabar baiknya, konsumen akan dengan sendirinya memberikan rekomendasi untuk membeli produk tersebut kepada kerabat dekatnya.

  • Kesulitan Untuk Mendapatkan Trafik dan Leads

Kendala strategi marketing di lapangan berikut ini adalah yang sering terjadi. Kesulitan untuk mendapatkan trafik dan leads atau nomer kontak target market. Mungkin salah satu dari team mu juga pernah mengalami kesulitan hingga stres karena tidak kunjung mendapatkan trafik dan leads baru.

Kesulitan akan bertambah jika produk itu memiliki banyak kompetitor kuat yang sama – sama mempromosikan produk yang sama. Dan salah cara untuk mengatasinya adalah dengan memastikan “Apakah kamu sudah berhasil memproduksi konten yang berkualitas dan disukai target market?” “Apakah konten brand sudah memahami keinginan target market?”

  • Kekurangan Finansial Untuk Menunjang Strategi Marketing

Kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi itu sudah biasa. Seperti masalah finansial, seringkali dana khusus untuk promosi marketing lebih kecil daripada ekspektasi yang kamu inginkan.

Masalah ini sering terjadi pada perusahaan yang baru startup yang ingin pemasaran lebih luas untuk mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak, tapi terkendala finansial.

  • Lambat Mengikuti Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang hari demi hari semakin canggih dan selalu ada perubahan tentu akan berpengaruh pada dunia bisnis, khususnya bisnis online. Hal ini memaksa suatu perusahaan untuk selalu berubah dan beradaptasi dan menerapkan transformasi digital tersebut.

Contohnya, saat ini pengguna tik tok semakin meningkat dan muncul banyak konten unik. Hingga membuat beberapa perusahaan transformasi untuk menggunakan aplikasi tiktok untuk strategi marketing yang baru. Seperti melakukan live produk di tiktok.

  • Manajemen yang tidak Terorganisir

Alih alih membuat produk baru, tapi tidak melakukan manajemen apapun. Padahal memberikan tanggung jawab terhadap dampak yang akan terjadi ketika membuat produk baru itu juga penting. Jika manajemen yang tidak terorganisir maka akan berdampak buruk bagi para konsumen.

  • Tekanan Persaingan

Sadar atau tidak, saat ini banyak sekali muncul perusahaan dengan bisnis baru dan unik. Selain itu mereka juga hadir dengan strategi marketing yang keren, dan belum pernah ada sebelumnya. Hingga membuat orderan perusahaan tersebut membludak.

Jika kamu melihat kejadian seperti ini, apa langkah yang akan kamu ambil? Insecure? Semangat merasa tertantang? Atau hanya diam saja stres, menikmati arus? 

Semoga kamu kuat melawan tekanan persaingan bisnis online di era digitalisasi saat ini. Percayalah, rezeki tidak akan tertukar, seperti halnya makanan semut dan makanan gajah. Usaha, selalu berani mencoba inovasi baru dan berdoa adalah kuncinya.

  • Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Belum Mencukupi

Masalah ini akan terjadi jika kamu mendirikan bisnis di pedesaan. Yang pada umumnya masih memiliki kualitas sumber daya manusia yang belum mencukupi untuk mengembangkan bisnismu.

  • Kekurangan Bahan Mentah Yang Dibutuhkan

Kendala strategi marketing berikutnya adalah kekurangan bahan mentah untuk produksi produk. Masalah ini akan muncul ketika orderan melebihi target penjualan. Hingga terjadilah kekurangan bahan mentah untuk produksi brand. Maka selalu siapkan bahan cadangan atau dana tambahan apabila terjadi masalah seperti ini.

  • Masalah Harga Pemasaran

Persaingan harga pasar juga kerap menjadi masalah dalam mempromosikan suatu produk. Sebab akan ada beberapa bisnis yang menawarkan harga murah dengan kualita biasa aja. Ada juga yang menawarkan harga mahal kualitas baik, harga mahal kualitas buruk dan lain sebagainya.

Dan kamu hanya perlu mematok harga yang sesuai dengan kualitas produk mu agar berbeda dengan produk yang lain dan memberikan pelayanan yang berbeda sesuai dengan harga yang kamu berikan.

Solusi Mengatasi Strategi Pemasaran 

Jika bisnismu sedang mengalami masalah seperti poin-poin yang sudah dijelaskan maka lebih baik selalu melakukan analisa secara menyeluruh terhadap strategi marketing produk tersebut. Dan jangan lupa selalu memberikan penilaian tentang performa aktivitas marketing yang dilakukan. Apakah mampu memberikan dampak baik atau malah memperburuk keadaan.

Catatan ! “Percayalah, tidak ada strategi pemasaran yang sempurna di dunia ini. Meskipun strategi tersebut sudah tersusun secara rapi.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com