Contoh strategi branding yang keren – Coba bayangkan, minggu depan kamu berhasil membuat strategi branding yang tepat pada produk yang akan kamu jual ke pasar. Pasti kamu merasa lega dan puas bukan.
Akan ada dua cara tentang bagaimana mewujudkan branding strategy yang tepat. Cara pertama yaitu dengan membuat strategi branding bersama team yang kamu punya saat ini. Dan yang ketiga adalah dengan menggunakan salah satu layanan digital marketing agency.
Jika ingin lebih keren, kolaborasikan kedua cara tersebut. Jadi ketika menggunakan layanan digital marketing agency, usahakan team yang kamu punya juga ikut serta membuat strategi branding tersebut. Dengan cara ini, akan membuka peluang untuk menghasilkan skema branding yang luar biasa.
Pengertian Strategi Branding
Strategi branding adalah sebuah alat yang akan membantumu untuk memahami jenis produk-mu secara rinci dan alat untuk membuat rencana mengkomunikasikan produk-mu ke target market di pasar.
Dan ketika strategi branding berkembang dengan baik, efek jangka panjangnya akan mempengaruhi semua produk yang kamu buat. Selain itu, kamu juga akan mengetahui perasaan konsumen atau permasalahan konsumen.
Semua itu akan terjadi jika, strategi branding berhasil menjelaskan manfaat produk fisik dan non fisik. Sehingga produk-mu akan memiliki nilai jual yang unik di mata konsumen. Bahkan dengan branding strategy produk mampu bersaing lebih lama dengan kompetitor lain, karena memiliki keunikan tersendiri.
Macam – Macam Branding
-
Personal Branding
Sesuai dengan namanya, personal branding adalah jenis branding untuk orang. Sehingga jenis ini sangat cocok apabila digunakan untuk selebritis, digital marketer, influencer dan politisi yang ingin populer di mata masyarakat. Dengan cara mempertahankan citra publik yang positif.
Kemudian alat paling manjur untuk strategi branding ini yaitu lewat sosial media, contohnya lewat aplikasi tiktok. Yang mana saat ini sudah banyak sekali orang yang membranding diri dirinya sendiri dengan konten positif dan bermanfaat, supaya mereka mendapat kepercayaan publik.
-
Product Branding
Product branding adalah macam-macam branding yang menggunakan teknik supaya konsumen memilih produk-mu daripada produk lain. Dengan cara melalui kata-kata, gambar dan warna.
Ketika product branding berhasil, konsumen akan langsung mengambil produk tersebut tanpa harus kebingungan, karena produk tersebut memiliki ciri yang berbeda dari yang lain.
-
Geographical Branding
Jenis geographical branding bertujuan untuk branding suatu merek untuk negara, kota, wilayah bahkan negara. Geographical branding sangat cocok jika digunakan untuk mempromosikan tempat – tempat wisata yang berada pada suatu wilayah dalam suatu negara.
Tetapi seiring berkembangnya zaman, jenis geographical branding sudah mulai dipergunakan untuk mempromosikan beberapa tempat menarik, seperti hotel, bandara, pasar dan lain-lain. Yang sekiranya tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri di mata masyarakat.
-
Corporate Branding
Corporate branding adalah jenis branding untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi perusahaan. Sehingga suatu perusahaan perlu memberikan informasi tentang merek seperti misi, nilai harga, logo, visi perusahaan, website dan pelayanan konsumen.
-
Cultural Branding
Jenis branding yang kelima adalah cultural branding. Jenis branding ini digunakan untuk membangun identitas dan reputasi seseorang yang tinggal pada suatu negara.
Contoh strategi branding yang keren dengan cara menggunakan jenis cultural branding seperti Fiki Naki. Dia berhasil membuat dirinya terkenal ke seluruh manca negara dengan cara membuat konten lewat salah satu media sosial. Ciri khasnya konten, Fiki selalu bisa menggunakan beberapa bahasa asing, tergantung dengan orang yang dijumpainya.
-
Retail Branding
Jenis branding retail branding sering dipakai oleh pelaku bisnis pengecer barang. Owner yang menggunakan branding ini akan memutuskan untuk menjual produk dari merek sendiri.
Contoh strategi branding yang keren dengan jenis ini adalah produk Apple dan Amazon. Yang sekarang bisa kamu lihat sendiri kedua toko merek tersebut sudah berdiri banyak pada beberapa negara dan berhasil mendapat kepercayaan positif dari masyarakat.
-
Service Branding
Jenis service branding ini akan lebih berfokus pada layanan dari seseorang atau perusahaan kepada konsumen. Dengan kata lain perusahaan harus membuat pelayanan yang unik dan beda dari yang lain.
Dengan cara seperti ini, dalam jangka waktu panjang perusahaan akan mendapatkan pelanggan setia karena pelayanan yang diberikan berkesan dan membuat konsumen tidak bisa melupakan pelayanan tersebut. Dan akhirnya konsumen ingin lagi kembali ke perusahaan tersebut karena memiliki pelayanan yang berbeda dari yang lain.
-
Co-Branding
Jenis branding yang terakhir yaitu co-branding. Jenis ini sangat cocok dipakai apabila perusahaan kerjasama dengan perusahaan lain. Alasan perusahaan yang melakukan co-branding karena memiliki kesamaan. Entah itu dari segi produk pelayanan atau jenis jasa yang dijual.
Contoh strategi branding yang keren berdasarkan penggunaan jenis branding yaitu kerjasama antara Uber dan Spotify yang bermitra dalam kampanye “soundtrack untuk perjalanan Anda”, yang akan memberikan pengalaman perjalanan yang menarik pada pengguna kedua aplikasi tersebut.
Baca Juga : Cara Bayar Google Ads Tanpa Kartu Kredit
Langkah Melakukan Strategi Branding
-
Buatlah logo yang sesuai
Langkah pertama dalam melakukan strategi branding adalah membuat logo yang sesuai dengan gambaran produk. Sehingga konsumen akan selalu mengingat bahwa logo tersebut adalah produk-mu.
Jika pembuatan logo berhasil dan sesuai maka kamu akan menggunakan jenis product branding. Yang mana konsumen akan langsung hafal dengan brand tersebut hanya dengan melihat logo.
-
Membuat pesan brand
Maksud dari pesan brand adalah membuat tagline. Buatlah tagline menggunakan kata kata yang ciamik dan singkat, namun sangat ampuh untuk menyampaikan pesan produk kepada target market.
Contoh strategi branding yang keren dengan menggunakan tagline yaitu brand Sari Roti. Yang memiliki tagline pada bungkusnya “Rotinya Indonesia”.
-
Mencampurkan brand
Maksudnya adalah selalu mengikutsertakan komponen produk dalam setiap kegiatan bisnis. Contohnya selalu mencantumkan logo pada setiap kemasan, pembuatan banner, konten media sosial dan lain – lain.
-
Membuat pesan yang sesuai dengan produk
Memiliki gaya komunikasi yang sesuai dengan brand itu penting. Hal ini bertujuan untuk menjual produk sesuai dengan target market yang kamu inginkan. Contoh iklan yang membuat pesan sesuai dengan produk adalah Milo, yang memiliki branding semangat menambah tinggi badan dengan cara berolahraga. Dengan warna hijau pada kemasan nya.
-
Melakukan soft campaign
Langkah melakukan strategi branding yang terakhir yaitu soft campaign. Dulu soft campaign banyak dilakukan secara offline. Namun seiring berkembangnya zaman soft campaign saat ini dilakukan secara online.
Dengan alasan media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas, terukur dan biaya yang murah. Contoh soft campaign lewat media sosial yaitu dengan cara memposting konten berupa informasi untuk memperkenalkan sebuah produk.
Itulah ulasan tentang contoh strategi branding yang keren, macam-macam branding dan langkah untuk melakukan branding. Bila kamu kesulitan untuk melakukan branding dan dana khusus untuk branding, silahkan untuk menggunakan layanan digital marketing agency.