Strategi pemasaran produk cemilan – Memiliki bisnis kuliner memanglah menarik. Pasalnya banyak sekali jenis makanan yang bisa diperjual belikan. Selain itu, makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang akan selalu dicari. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, masing – masing memiliki pasar sendiri.
Namun dari banyaknya jenis makanan yang diperjual belikan, otomatis akan muncul persaingan dalam mempromosikan makanan tersebut. Masing – masing penjual pasti akan berlomba lomba mempromosikan produk makanan, dengan strategi andalan mereka masing – masing
Nah, jika kamu saat ini belum memiliki strategi untuk menjual produk makanan ringan, baru akan memulai bisnis jualan cemilan. Semoga dari salah satu strategi ini ada yang cocok untuk produk cemilanmu. Berikut ini ada rekomendasi strategi pemasaran produk makanan ringan lewat media sosial.
Cara Memasarkan Produk Makanan Cemilan
Tanpa disadari sebenarnya kamu bisa menemukan strategi menarik dari media sosial. Jika kamu lagi nyantai, scrol media sosial pasti akan menemukan beberapa konten jualan yang rame. Lalu menemukan konten tersebut, usahakan berhenti sebentar, lalu pikirkan apa strategi jualan yang mereka gunakan. Jika masih bingung, silahkan untuk menggunakan strategi berikut ini.
-
Gunakan Kemasan Yang Menarik
Bentuk dan desain kemasan memiliki peran penting untuk menyakinkan hati para pembeli. Sehingga pembeli akan lebih mudah tergiur ketika melihat bentuk kemasan. Apalagi jika desain kemasan sudah ada komponen seperti cap halal, komposisi tanggal kadaluarsa dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana cara menentukan dan membuat desain pada kemasan? Biar lebih cepat dan hasilnya bagus, kamu bisa menggunakan jasa desain packaging. Untuk referensi desain silahkan cari cari di halaman Google. Desain kemasan yang unik dapat memberikan kesan menarik pada produk cemilan yang ingin kamu pasarkan.
-
Gunakan Kualitas Foto Produk HD
Membuat foto produk menjadi HD saat ini sangatlah mudah. Gak perlu lagi tuh harus menggunakan kamera mahal. Tapi memang hasilnya akan jauh maksimal menggunakan kamera digital.
Tapi jika belum memiliki barang tersebut, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan kamera handphone. Lalu lakukan pengeditan menggunakan salah satu aplikasi. Atau jika ingin lebih cepat dan praktis, gunakan website yang berguna untuk mengubah foto biasa menjadi kualitas HD di halaman Google. Di jamin hasilnya gak kalah bersih dengan menggunakan kamera canggih.
Menggunakan kualitas foto HD dalam mempromosikan produk cemilan dapat berpengaruh pada penjualan. Pasalnya, orang yang melihat akan merasa dia melihat barang tersebut secara langsung, semua terpangpang secara jelas dan nyata.
-
Menonjolkan Keunikan Produk
Menjadi sebuah keuntungan jika memiliki produk makanan cemilan yang memiliki keunikan. Sehingga nama produk dapat mudah dihafal dan dikenal oleh konsumen.
Jika kamu memiliki produk cemilan yang unik, maka selalu tonjolkan ke dalam promosi jualan di media sosial.
Contoh, produk cemilan basreng pedas. Di produk lain belum ada level pedas, kamu bisa membuat keunikan basreng pedas dengan menambahkan level – level pedas, dari level 1 sampai 10.
Baca Juga : Jenis Kertas Kemasan Untuk Roti
-
Menggunakan Jasa Endorsement
Pasti kamu juga sudah tahu lah jasa endorsement itu apa, apalagi jika kamu pengguna aktif media sosial, pasti sudah paham betul soal jasa ini. Jasa endorse adalah salah satu strategi pemasaran lewat media sosial , yang mana kamu meminta bantuan ke salah satu orang yang memiliki banyak masa untuk mempromosikan produk cemilan.
Jika ingin menggunakan jasa ini, kamu harus lebih hati – hati dan teliti ketika memilih para endorse. Karena seperti yang kita lihat saat ini, banyak sekali orang yang mulai membuka jasa endorse. Saran, pilih endorse yang memiliki target market sesuai dengan produk.
-
Lakukan Bundling
Belum tahu artinya bundling? Bundling merupakan salah satu strategi pemasaran yang berfungsi untuk mengelompokan beberapa produk dalam sebuah kemasan penjualan dengan satu harga.
Sehingga produk yang menggunakan strategi bundling dalam pemasaran dapat memberikan solusi bagi konsumen yang ingin membeli beberapa produk sekaligus. Jadi konsumen hanya perlu belanja satu item tapi sudah mendapatkan beberapa produk cemilan.
Agar lebih kreatif, kamu bisa membuat ide berupa paket camilan. Seperti paket cemilan untuk orang wisuda, kado ulang tahun anak, paket cemilan untuk hadiah 17 agustus dan lain sebagainya.
-
Gratis Ongkir
Promo menggunakan gratis ongkir saat ini ampuh untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dari penjualan. Jika lagi ada promo gratis ongkir di salah satu media, daftarlah.
Jika tidak ada, kamu bisa mencoba untuk menaikan sedikit harga pada salah satu produk cemilan, tapi setiap pemesanan mendapatkan gratis ongkir. Jadi seolah – olah produk mu gratis ongkir, padahal sama saja, hanya saja harganya kamu naikan, sebagai gratis ongkos.
-
Pemberian Bonus
Strategi pemasaran produk cemilan yang terakhir adalah memberikan bonus. Bonus tidak harus mewah dan mahal. Yang penting ada manfaatnya. Hal kecil yang kadang bisa membuat konsumen senang karena mendapatkan bonus. Bonus tersebut seperti stiker, voucher diskon belanja, mengumpulkan poin belanja untuk diskon dan bonus lainnya.
Sesekali kamu juga harus memberikan bonus pada pelanggan yang royal dan sudah menjadi langganan. Apalagi jika konsumen tersebut selalu membawa orang baru untuk membeli produkmu. Kamu harus pintar – pintar merawat konsumen yang seperti ini, jangan sekali – kali kamu lewatkan.
Itulah 7 strategi pemasaran produk cemilan, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk makanan rumahan dan makanan catering. Dan tentu masih banyak lagi metode pemasaran produk lain yang harus kamu ketahui. Materi – materi baru soal marketing media sosial juga harus kamu ikuti, agar tidak ketinggalan info terbaru.