Tujuan pembuatan company profile – Di zaman modern saat ini, company profile tidak hanya dimiliki oleh perusahaan – perusahaan besar. Perusahaan dengan skala menengah dan kecil juga sudah membutuhkan.
Sebab dengan membuat company profile sebuah bisnis dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai keberadaan bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan membuat company profile, menandakan sebuah perusahaan tersebut benar – benar serius dalam mengembangkan bisnis.
Maka jika mulai hari kamu ingin benar – benar serius mengembangkan bisnis,mulailah untuk membuat company profile. Tapi apakah kamu saat ini sudah paham tujuan, komposisi dan ciri company profile yang baik? Jika belum artikel ini akan membahas ketiga poin tersebut, ditambah dengan contoh yang bisa kamu jadikan referensi.
Tujuan Pembuatan Company Profile
-
Untuk Memberikan Informasi Secara Akurat
Tujuan pertama pembuatan company profile yaitu untuk memberikan informasi secara lengkap ringkas dan menarik untuk dibaca. Walaupun hanya sekedar informasi, kamu harus tetap mengemas informasi tersebut menjadi informasi yang sangat menarik untuk dibaca, intinya memiliki power.
Contoh informasi yang harus kamu tuliskan di dalam company profile seperti produk – produk terlaris, paling populer, kualitas produk, investor yang pernah bekerja sama, klien dan background sejarah perusahaan.
-
Sebagai Media Komunikasi
Media komunikasi setiap perusahaan tentu berbeda – beda. Tapi company profile merupakan media paling terbaik untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan. Contohnya ke pihak investor.
Dengan company profile, investor bisa melakukan penilaian dengan lebih cepat dan terarah tanpa harus turun ke lapangan langsung.Sekarang coba bayangkan, kamu pengen mencari investor, tapi belum memiliki company profile, apakah kamu akan menjelaskan informasi perusahaan dengan cara membuat media sosial atau website? Rasanya pasti kurang pas juga, dan kemungkinan besar investor malah bingung.
-
Sebagai Teknik Marketing
Company profile pada saat ini terdiri dalam tiga bentuk, yaitu dalam bentuk buku cetak, website dan video. Munculnya tiga bentuk ini menandakan company profile dijadikan sebagai teknik marketing yang jitu untuk memperkenalkan jasa atau produk kepada masyarakat umum.
Terutama bentuk company profile video, saat ini banyak perusahaan kelas tinggi, menengah dan bawah berlomba – lomba untuk membuat video company profile. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa membuat video company profile yang mampu menghasilkan profile perusahaan dalam berbagai bentuk video.
Informasi Yang Tercantum Pada Company Profile
Demi tersampainya sebuah informasi tentang perusahan secara cepat dan mudah dipahami, maka dalam membuat company profile harus memperhatikan beberapa informasi yang harus ada di dalamnya. Informasi tersebut seperti.
-
Informasi Detail Tentang Bisnis
Informasi yang pertama yaitu tentang bisnis. Jadi harus mencantumkan tinjauan singkat perusahaan, nama perusahaan, alamat, nomor kontak, akun media sosial dan email perusahaan. Poin – poin tersebut wajib ada ketika menuliskan informasi tentang bisnis.
-
Informasi Detail Tentang Perusahaan
Detail tentang perusahaan meliputi visi dan misi perusahaan, tanggal berdirinya perusahaan, penjelasaan produk atau jasa yang disediakan dan portofolio klien. Misal kamu punya tambahan lain yang bisa dimasukan ke dalam bagian detail tentang perusahaan boleh ditambahkan.
-
Penjelasan Tentang Pengakuan Industri
Maksud dari pengakuan industri adalah informasi yang menjelaskan pencapaian yang pernah diraih oleh perusahaan. Dan jika sudah ada pencapain yang diraih kamu bisa menambahkan ke dalam company profile dalam bentuk sertifikat, testimoni, penghargaan dan bukti lainya.
Ciri Company Profile Yang Berkualitas
Semua orang bisa membuat dan memiliki company profile, tapi apakah semua company itu memiliki kualitas yang baik? Tentu tidak. Karena pasti ada beberapa company profile yang kurang baik. Intinya kurang isinya kurang lengkap dan tidak dapat membuat daya tarik seseorang yang ingin melihatnya. Untuk itu berikut ini ciri – ciri company profile yang baik.
-
Memiliki Desain Yang Menarik
Ciri yang pertama adalah memiliki desain yang menarik. Memang setiap orang memiliki penilaian masing – masing ketika melihat desain. Tapi desain yang terlihat menarik, elegan dan profesional bagaimanapun bentuknya pasti semua orang yang melihat pasti akan memberikan pujian dan terlihat semangat untuk membaca dan melihat company profile sampai akhir.
Nah jika kamu bingung, kami ada sedikit saran agar company profile milikimu bisa terlihat menarik. Yaitu membuat desain dengan menggunakan warna yang sesuai dengan logo perusahaan. Hal ini juga digunakan untuk memperkuat upaya branding.
-
Isi dan Susunan Terstruktur
Dalam menyusun isi company profile, jelas tidak boleh asal. Masak iya, bagian penutup dicantumkan pada bagian, tengah, kan gak mungkin. Maka struktur bab harus urut. Mulai dari judul nama perusahaan, informasi perusahaan, informasi bisnis atau jasa dan seterusnya sampai pada bagian penutup.
-
Terdapat Poin – Poin Penting
Terdapat poin – poin penting. Kira kira apa saja poin penting tersebut? Poin penting yang wajib ada ketika membuat company profile adalah semua poin yang masih berkaitan dengan perusahaan sebagai sumber informasi yang kredibel. Dengan harapan, poin penting ini dapat menarik banyak pelanggan dan investor yang ingin bekerja sama dengan perusahaan kamu.
-
Ada Foto Atau Gambar
Ciri yang terakhir yaitu ada foto, gambar atau ilustrasi lain yang berfungsi untuk membantu menjelaskan informasi yang ada. Dengan adanya gambar company profile akan tampak lebih hidup dan berwarna, Bayangkan saja jika company profile hanya diisi dengan tulisan saja, pasti akan terlihat seperti skripsi dan akan membosankan ketika dibaca. Oleh sebab itu penggunaan elemen ini sangat penting ketika membuat company profile, maka jangan pernah meninggalkan elemen ini.
Baca Juga : Desain Konten Untuk Jualan
Contoh Company Profile Dari Brand Terkenal Di Dunia
Membuat company profile akan lebih mudah jika kita sudah mengetahui company profile yang dimiliki oleh beberapa perusahaan ternama di dunia. Sebab contoh company profile ini bisa kamu jadikan referensi untuk company profile perusahaan kamu. Amati tiru dan modifikasi menjadi senjata ampuh untuk mengembangkan bisnis. Bercontoh kepada perusahaan yang sudah besar menjadi jalan pintas.
-
Starbuck
Nama brand ini sebenarnya hanya menjual kopi, tapi kenapa bisa mendunia? Sangat luar biasa buka. Company profile yang mereka gunakan adalah selalu membuka kalimat awal tentang bagaimana awal mula perusahaan Starbuck berdiri dan menunjukan perkembangan dari awal sampai saat ini.
-
Nike
Produk utama dari perusahaan Nike adalah sepatu olahraga. Produksi sepatu Nike saat ini sudah terkenal di berbagai negara, termasuk golongan anak muda. Company profile yang mereka gunakan sebenarnya terlihat simpel. Nike hanya menggunakan satu kalimat singkat dengan pemutaran video dari para pelanggan yang menggunakan produknya. Tapi kesederhanaan tersebut nyatanya mampu membawa keberhasilan produk Nike terkenal.
-
Philips
Brand yang ketiga yaitu Philips. Pasti kamu sudah pernah lihat kan video company profile yang dibuat oleh perusahaan Philips? Video tersebut menyisipkan gambar dan cerita untuk memperkuat keunggulan perusahaan. Sehingga yang hanya dengan membaca deskripsi saja sudah tahu bahwa itu adalah produk Philips, padahal tidak ada tulisan Philips.
Sekian artikel tentang tujuan pembuatan company profile, kesimpulanya adalah tujuan membuat company profile agar tidak hanya dikenal dengan produk atau jasa terbaiknya, tapi juga memberikan informasi ke masyarakat umum tentang bagaimana kinerja perusahaan dalam memproduksi produk terbaik.