Desain konten untuk jualan – Belajar suatu hal baru memang tidaklah mudah. Perlu niat dan perjuangan untuk memahami dan mempraktekkan materi yang sudah di dapat. Seperti belajar mendesain konten untuk jualan di media sosial.
Bagi pemula, mungkin aktivitas mendesain akan menjadi momok. Kebingungan dalam menentukan aplikasi untuk desain, cara menggunakan aplikasi desain, penggunaan warna dan penggunaan font pasti akan terjadi.
Akan ada rasa atau keinginan pengen sekali memiliki skil desain seperti para profesional sehingga bisa membuat desain konten yang dapat memikat mata banyak orang. Tapi mengingat skil yang dimiliki sendiri belum cukup untuk mewujudkan itu semua. Maka dari itu kami dari JT Digitally akan membantu kamu agar bisa membuat desain dari yang simpel tapi mantul untuk diposting di media sosial. Penasaran? Baca dan pahami dulu pengertian desain konten berikut ini.
Pengertian Desain Konten
Desain konten adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengembangkan elemen front-end dari aplikasi atau website. Praktik itu mulai dari penulisan konten desain UX (user experience) dan accessibility.Orang yang bekerja pada bidang ini disebut dengan content designr.
Bentuk dalam desain konten biasanya bisa dalam bentuk apapun. Bentuk desain tersebut mencakup animasi grafis,teks, suara, video atau jenis konten lainya. Bagaimana sudah paham?
Jika belum kami akan memberikan contoh yang mudah di pahami. Misal kamu memiliki usaha busana muslim. Dalam proses desain konten tentu kamu tidak akan membuat desain konten soal model busana muslim terus menerus. Maka kamu bisa membuat desain konten tentang edukasi cara merawat pakain busana muslim dan jenis konten lainya.
Proses Desain Konten Untuk Tiktok
Proses merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajari oleh setiap orang. Dengan mengetahui proses, seseorang dapat menghargai setiap hasil dan karya. Selain itu dengan proses seseorang dapat belajar dan berkembang lebih baik dari apa yang dikerjakan sebelumnya. Oleh karena itu berikut ini beberapa proses untuk membuat desain konten, khususnya di Tiktok.
-
Melakukan Riset
Desain konten untuk jualan tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset. Tanpa melakukan riset terlebih dahulu kamu tidak bisa melangkah ke proses selanjutnya. Sebab dengan melakukan riset, kamu akan menemukan gambaran tentang model desain konten para target market.
Riset ini berupa riset tentang jenis konten, pemilihan warna dan penggunaan kalimat. Hal ini bertujuan supaya desain konten memiliki ciri khas yang unik di mata para pelanggan.
-
Memikirkan dan Menentukan Kebutuhan Pengguna
Proses yang ke dua yaitu menentukan kebutuhan pengguna. Pikirkan kebutuhan pengguna dan pikirkan kebutuhan tersebut dalam bentuk solusi. Proses kedua ini jika berhasil, dapat memberikan dampak positif pada akun media sosial.
Seperti mendapatkan banyak like dan komen. Hal ini dikarenakan banyak target market yang merasa cocok dan terbantu dengan konten tersebut. Sehingga konten memiliki nilai positif karena dapat membantu aktivitas target market.
-
Menentukan Media
Lanjut ke proses yang ketiga, yaitu menentukan media. Tidak ada desain khusus untuk setiap media sosial. Jadi kamu tidak perlu membuat beberapa desain untuk di posting di beberapa media. Cukup satu aja, kamu bisa posting di beberapa akun media sosial yang kamu miliki.
Carilah media yang mana media tersebut terdapat sekumpulan target market pasar yang kamu inginkan. Karena pada dasarnya saat ini setiap media sosial memiliki target pasar sendiri – sendiri. Contohnya saja Tiktok, pengguna paling banyak media sosial yang satu ini jelas anak anak muda.
-
Pemilihan Tone Of Voice
Proses yang keempat yaitu tone of voice. Pada proses ini bisa dikatakan merupakan salah satu aspek yang paling penting pada saat menjalankan konten desain. Tone Of Voice yaitu cara membuat desain konten supaya mudah dibaca oleh user. Jadi gunakan pemilihan Tone Of Voice yang sesuai dengan target market yang sudah kamu tentukan.
-
Proses Pembuatan Konten
Proses berikutnya yaitu pembuatan konten. Setelah empat proses sebelumnya paham, maka ini saatnya kamu membuat konten. Dalam proses pembuatan desain konten kamu tidak hanya melibatkan penulisan saja. Akan ada banyak elemen yang akan kamu jumpai ketika melakukan pembuatan desain konten.
Untuk mempermudah dalam pembuatan konten, kamu bisa bekerja sama dengan tim research, pemilik perusahaan, team kerja lain dan orang orang sekitar. Dengan cara seperti ini desain konten yang kamu hasilkan akan lebih menarik.
-
Evaluasi Konten
Proses yang terakhir yaitu melakukan evaluasi sebelum konten diposting dan sesudah di posting. Dalam proses ini kamu juga bisa melibatkan teman teman kerja di lingkungan mu. Suruh mereka mengeluarkan pendapat tentang desain konten yang akan dipublikasikan.
Baca Juga : Teknik Membuat Video Produk
Jenis Konten Visual Untuk Media Sosial
-
Infografisj
Jenis konten visual infografis sudah terkenal sejak 10 tahun terakhir. Sampai saat ini konten visual infografis terus mengalami perubahan karena selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga berevolusi menjadi lebih menarik. Contohnya, dulu infografis pasti identik dengan bentuk panjang vertikal, kini sudah banyak infografis dengan bentuk persegi dan slide.
Pada dasarnya jenis konten visual infografis memiliki maksud untuk menyampaikan informasi dan data yang komplek tapi dalam bentuk yang sederhana dan mudah dimengerti oleh setiap kalangan.
-
Slide
Pasti kalian udah tahu dong slide. Slide merupakan jenis konten bergeser atau konten yang memiliki beberapa halaman. Penggunaan jenis konten slide saat ini sudah ada di beberapa media sosial, seperti Linkedin, Instagram, Facebook dan Tiktok. Tiktok termasuk baru, belum lama ini muncul.
Degan membuat konten dalam bentuk slide maka akan membuat konten lebih menarik dan yang pasti dapat menyampaikan informasi secara lengkap dan nyaman untuk dibaca.
-
Quote
Konten visual yang cocok untuk Tiktok berikutnya adalah quote. Kalian pasti sudah tahu tentang konten ini, bahkan sering menjumpai. Ya kan? Terlihat sepele dan mudah dibuat.
Tapi memang kenyataan itu benar. Karena seseorang yang ingin membuat jenis konten ini tidak perlu pusing pusing membuatnya. Cukup ambil kata kata inspirasi dari tokoh tokoh terkenal dan memiliki pengaruh besar saja.
Meskipun terlihat sederhana namun konten ini terbukti mampu menarik perhatian banyak pengguna media sosial karena disajikan kata kata dari salah satu tokoh terkenal dalam bentuk gambar.
-
Meme
Meme merupakan jenis konten visual lucu dan paling tidak bisa diatur oleh aturan seni atau konten. Konten visual ini juga sangat populer di Indonesia. Konten ini memiliki sifat naif namun masuk akal. Cara membuatnya pun tidak rumit cukup simpel kaya membuat konten visual quote.
Biasanya cara membuat konten ini cukup dengan mengambil gambar gambar yang ada di Google lalu memodifikasi dengan menambahkan konteks baru dan kata – kata.
Bagaimana, sampai sini penjelasan soal desain konten untuk jualan apakah sudah paham? Jika belum, mungkin kamu bisa membaca teknik membuat desain konten atau belajar tentang cara menggunakan beberapa aplikasi untuk desain konten. Intinya jangan patah semangat untuk selalu berproses.