Belajar social media management – Bagi seorang pebisnis, media sosial merupakan media yang paling penting pada era sekarang. Kemudahan media untuk membagikan konten – konten kreatif tentu sangat membantu para pebisnis dalam menjalankan strategi marketingnya.
Dalam dunia digital marketing aktivitas ini disebut dengan social media management. Bagi para pengusaha di era serba modern tentu menjadi kewajiban untuk kemudian mempelajari ilmu soal Social media manajemen secara mendalam.
Sebab dengan mendalami ilmu social media management, semua jenis bisnis pasti akan merasakan kemudahan dalam menjangkau calon pelanggan. Istilahnya lebih efektif daripada harus turun langsung ke jalan. Tapi harus dengan satu syarat, yaitu belajar social media management dengan baik.
Pengertian Social Media Management
Social media management adalah proses merancang konten, membuat konten, posting dan melakukan analisis konten. Aktivitas ini dilakukan dengan rencana yang matang dan tidak sembarangan. Dengan tujuan agar pemilik akun media sosial mendapatkan keuntungan lebih.
Maka pada proses social media management semua harus memiliki konsep yang baik dan benar. Sehingga konten – konten yang dipublikasikan mampu mempresentasikan perusahaan atau brand dengan baik kepada para target market.
Dengan begini, akun media sosial akan tampak lebih hidup. Karena akun di kelola dengan manajemen yang sudah matang. Akun akan terlihat lebih profesional dan membuat orang yang berkunjung nyaman, untuk kemudian menggali informasi lama di akun tersebut
Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa dirasakan ketika menggunakan social media management. Berikut ini akan dijelaskan manfaat manajemen sosial media untuk bisnis online.
Manfaat Social Media Untuk Bisnis
-
Memperluas Jangkauan Audiens
Manfaat pertama, yaitu mampu memperluas jangkauan audiens. Dengan mudahnya untuk memperluas jangkauan, maka peluang untuk mendapatkan jumlah pelanggan baru akan semakin terbuka lebar.
Karena seperti yang kita tahu bahwa pengguna media sosial media di Indonesia saat ini semakin bertambah banyak. Dari pusat kota hingga desa – desa semu sudah menggunakan media sosial untuk mencari segala informasi terbaru.
-
Meningkatkan Penjualan
Membahas soal penjualan, tentu ada hubunganya dengan social media marketing. Maka dengan belajar social media management secara bersamaan kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang social media marketing.
Lah kok bisa? Ini dikarenakan konten yang kamu buat sudah terkonsep dan menarik. Sehingga mampu menarik minat calon pelanggan untuk kemudian membuat pertimbangan untuk membeli produk atau tidak. Sehingga kamu akan mengalami jumlah peningkatan penjualan lewat media sosial.
-
Lebih Hemat Biaya
Tidak hanya hemat biaya. Kamu juga bisa melakukan promosi penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Kok bisa? Sekarang coba bayangkan dan hitung, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat akun baru, biaya untuk posting konten dan posting video? Bukankah itu semua gratis?
Kamu akan mengeluarkan biaya di bidang media sosial, ketika kamu akan menggunakan iklan berbayar, jasa desain konten atau menggunakan jasa manajemen sosial media.
-
Lebih Efektif dan Efisien
Kenapa bisa dikatakan lebih efisien dan efektif? Karena jika dibandingkan dengan pemasaran offline seperti bagi – bagi brosur, pasang spanduk atau baliho teknik management sosial media lah yang paling unggul.
Dengan menggunakan management media sosial, seseorang bisa lebih detail dalam menentukan target market. Seperti kamu bisa mengatur jenis kelamin, umur, tempat tinggal hobi dan ciri lainnya.
-
Mempermudah Komunikasi Dengan Konsumen
Komunikasi jarak jauh pada zaman sekarang memang sangatlah mudah. Apalagi didukung dengan adanya beberapa media online seperti media sosial. Seseorang tidak perlu bertemu langsung untuk ngobrol. Cukup dengan smartphone seseorang dapat menjangkau semua orang untuk diajak ngobrol.
Jika diterapkan di dalam management sosial media, kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk merayu para calon pelanggan untuk membeli produk. Komunikasi dengan baik, berikan solusi pada setiap masalah pelanggan lewat komunikasi media sosial. Maka saya yakin ini bisa meningkatkan omset penjualan.
-
Lebih Cepat Berbagai Informasi Terbaru
Semakin kesini nampaknya semua orang selalu menginginkan suatu hal yang cepat – cepat. Mulai dari makanan cepat saji, pengiriman barang cepat, minuman cepat saji dan lain lainya.
Maka dengan menggunakan management sosial media inilah kamu bisa memberikan informasi terbaru tentang perusahaan atau produk baru kepada calon pelanggan. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk posting konten, kecuali kamu menggunakan iklan berbayar.
-
Menggiring Audiens Untuk Berkunjung Ke Website
Manfaat sosial media untuk bisnis yang terakhir yaitu untuk menggiring audiens untuk berkunjung ke website. Teknik ini khusus untuk kamu yang sudah memiliki website bisnis ya, atau website pribadi.
Teknik ini sebenarnya sudah lama digunakan oleh para pebisnis di akun media sosial. Yang mana mereka mencantumkan link website di bagian deskripsi akun. Sehingga dalam membuat konten, mereka selalu memberikan informasi setengah – setengah.
Untuk informasi lebih lanjut, mereka mencoba menggiring penonton untuk mengunjungi website.Sehingga, dampaknya website akan mendapatkan trafik jumlah pengunjung.
Baca Juga : Jenis Lensa Untuk Foto Produk
Nama Media Sosial Terbaik Untuk Bisnis
Saat ini sudah banyak aplikasi media sosial yang memiliki keunikan masing – masing. TApi menurut JT Digitally ada beberapa media sosial yang cocok untuk digunakan berbisnis online seperti makanan, barang dan jasa. Berikut penjelasan lengkapnya.
-
Instagram
Pasti sudah asinglah dengan aplikasi yang satu ini. Dulu aplikasi ini pernah menjadi aplikasi nomor satu dari segi pengguna media sosial. Sampai saat ini pun penggunanya masih terus bertambah.
Oleh karena ini, kami mrekomendasikan untuk emnggunakan aplikasi ini untuk berbisnis. Sebab saat ini Instagram sudah memberikan fitur fitur baru seperti relss dan toko online yang sangat bermanfaat untuk jualan.
-
Facebook
Hampir mirip dengan Instagram, selain memiliki fungsi untuk mempublikasikan video foto, mengambil foto dan video. Facebook sampai saat ini juga masih cocok untuk jualan online.
Walaupun tidak semua produk bisa dijual di Facebook. Karena setiap media sosial memiliki pasar yang berbeda – beda. Manajemen yang baik pasti akan membuahkan hasil
-
Youtube
Nama media sosial berikutnya yaitu Youtube. Memang agak sulit berjualan lewat youtube. Perlu usaha panjang untuk sukses berjualan di Youtube. Tapi apa salahnya mencoba, siapa tahu rezeki kamu ada di aplikasi ini.
Youtube sampai saat ini merupakan media sosial terbaik untuk menjalankan video marketing. Ini disebabkan pada setiap harinya ada saja orang yang melihat dan mencari informasi video di youtube. Maka dari itu, saat ini juga banyak orang yang beralih profesi sebagai youtuber. Selain mereka akan mendapatkan uang dari penjualan, pengguna juga akan digaji oleh youtube. Sebagai nilai tambahan pengguna juga akan mendapatkan penghargaan.
-
Tiktok
Aplikasi yang terakhir adalah tiktok. Aplikasi ini saya kasih di nomor terakhir karena tergolong aplikasi yang masih muda. Kemunculan tiktok pada saat itu memang belum menjadi perhitungan.
Tapi setelah berjalannya waktu, entah kenapa tiktok ini semakin meresahkan. Berkat konten konten unik yang muncul dari tiktok, membuat masyarakat secara perlahan beralih untuk mencoba menggunakan tiktok.
Hingga pada akhirnya tiktok saat ini menjadi aplikasi favorit di kalangan anak muda. Banyaknya konten konten kreatif dan unik membuat pengguna merasa terhibur dan senang. Maka dari itu aplikasi ini sangat cocok untuk berbisnis. Ditambah aplikasi ini juga sudah ada fitur – fitur untuk jualan online.