Cara membuat caption Instagram – Semua orang tentu bisa membuat caption Instagram. Tapi apakah semua yang bermain Instagram juga bisa membuat caption yang mampu menarik banyak perhatian banyak audien? Jawabanya belum tentu bisa, karena perlu ada bakat dan latihan khusus untuk menulis caption di setiap postingan konten di Instagram.
Tapi jika sosial media hanya digunakan untuk mencari berita, informasi terbaru dan mengisi waktu longgar, saya rasa gak perlu belajar tentang cara membuat caption. Karena belajar membuat caption biasanya diperlukan oleh seseorang yang ingin berbisnis lewat Instagram.
Jadi setiap pesan yang disampaikan lewat konten harus dapat tersampaikan dengan jelas kepada audien. Selain itu juga mampu mempengaruhi pikiran audien agar melakukan aksi sesuai dengan caption dalam setiap konten. Pengen bisa membuat caption yang seperti ini? Simak penjelasan berikut ini ya.
Cara Membuat Caption Instagram Yang Menarik
Ciri caption Instagram yang menarik adalah caption yang bisa menjelaskan maksud dan tujuan konten (foto atau video) untuk mendorong audiens melakukan aksi atau tindakan. Tindakan tersebut seperti berkomentar, melakukan tag kepada teman terdekat, like dan share.
Tapi sayangnya saat ini banyak orang yang masih menganggap remeh soal caption. Jika kamu ingin mengembangkan bisnis lewat aplikasi ini, jangan sekali – kali menganggap enteng caption. Karena jika itu terjadi, kamu bisa kehilangan kesempatan untuk melibatkan pelanggan dan calon pelanggan yang bisa memajukan bisnis.
Untuk itu, berikut ini ada 10 cara membuat caption Instagram yang menarik untuk dibaca oleh setiap orang yang melihatnya.
-
Gunakan Kalimat Pertama Yang Mampu Mencuri Perhatian
Kalimat pertama ini seperti kalimat judul di buku atau poster. Seseorang akan timbul rasa ketertarikan pada suatu objek apabila mereka tertarik dengan apa yang mereka lihat pertama kali. Seperti kalimat pertama pada caption ini.
Jika kamu berhasil membuat kalimat yang mampu mencuri perhatian banyak penonton. Maka penonton tersebut akan membaca caption dari awal hingga akhir. Dan akhirnya mereka mengerti apa maksud tujuan dalam konten tersebut.
Jadi yang harus dilakukan agar bisa membuat kalimat pertama yang kuat adalah dengan membuat susunan informasi. Mulai dari informasi pokok, kalimat persuasif, informasi tambahan lain dan pada bagian akhir bisa kamu tambahkan hastag atau tag akun lain.
-
Gunakan CTA
CTA (call to action) merupakan ikon yang bisa kamu tambahkan pada bagian caption. CTA biasanya dalam bentuk link yang menuju ke suatu tempat. Entah link untuk pergi ke website, marketplace dan media lainya.
Dengan CTA, bisa menggiring audien yang sudah selesai membaca caption dari awal hingga akhir. Sehingga akan memberikan peluang untuk mendapatkan jumlah pelanggan lebih banyak.
-
Gunakan Gaya Bahasa Yang Sesuai Target Market
Cara membuat caption Instagram ketiga yaitu dengan menyesuaikan bahasa. menentukan penggunaan bahasa pada setiap target market yang sudah ditentukan juga sangatlah penting loh.
Bahasa yang sesuai dengan gaya setiap audien akan membuat suatu golongan tersebut semakin tertarik untuk membaca caption dari awal hingga akhir. Contoh, jika target market adalah seorang ibu – ibu muda. Maka pada awal caption kamu bisa menyapa ibu muda tersebut dengan kalimat “Hay mamah muda” atau “Apa kabar mama muda”dan contoh lainya.
-
Tunjukan Brand Personality
Setiap brand pasti memiliki karakter. Jika brand memiliki karakter elegan dan mewah maka kamu bisa membuat caption dengan kalimat formal untuk bisa menarik audience yang mencintai gaya elegan dan mewah.
Sebaliknya, jika brand memiliki karakter santai, maka bisa menggunakan bahasa sehari – hari yang ringan dan mudah dipahami oleh setiap golongan. Tunjukan brand personality dalam setiap caption.
-
Jangan Membuat Caption Yang Terlalu Panjang
Jangan memohon untuk membuang waktu penonton hanya untuk memahami caption yang panjang. Karena itu jelas tidak akan mungkin terjadi. Apalagi audien tersebut belum mengenal brand kamu. Pasti auto scroll untuk melihat konten selanjutnya.
Maka dari itu, dalam membuat caption yang menarik, dilarang untuk membuat caption yang terlalu panjang. Buatlah tulisan yang jelas singkat namun jelas. Dan pastikan gunakan narasi yang dapat menggugah penonton untuk membaca caption dari awal hingga akhir.
-
Menentukan Tujuan Caption
Pernah gak nulis caption tapi gak tau tujuan dan arah caption tersebut? Jika pernah, mulai saat ini gunakan cara ini ketika menulis caption, yaitu menentukan tujuan. Dengan ditetapkannya tujuan, maka kamu bisa mengarahkan penonton untuk mengeklik CTA yang sudah kamu arahkan ke salah satu media untuk melakukan aksi dengan mudah. Dengan begitu tulisan caption yang jelas akan kamu dapatkan dalam setiap konten yang dibuat.
-
Pemilihan Tag Yang Bijak
Penggunaan tag di Instagram memang tidak ada batasan. Semua jenis tag boleh digunakan dan tidak ada larangan. Tapi itu buka berarti dalam setiap konten harus menggunakan hingga puluhan tag. Penggunaan tag yang berlebihan dan tidak sesuai konteks dapat memperburuk keindahan caption dan mempersulit konten untuk muncul di halaman pencarian paling atas. Maka dari itu maksimal gunakan 5 – 6 tag aja,minimal 3 tag yang sesuai dengan teman konten dan caption.
-
Typo
Dalam menulis memang tidak diperbolehkan typo, apapun jenis tulisan tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang begitu cepat dalam penulisan caption saat ini ada yang sengaja membuat salah satu tulisan typo.
Hal ini bermaksud untuk mencuri perhatian penonton agar stop untuk melakukan scroll dan berhenti untuk membaca tulisan typo tersebut. Hasilnya pasti penonton tersebut membaca dan bahkan ikut berkomentar untuk menanggapi caption typo tersebut. Teknik ini tentu menjadi keuntungan pada akun Instagram, karena angagementnya meningkat hanya karena tulisan typo.
Baca Juga : Konten Edukasi Untuk Strategi Marketing
-
Penggunaan EYD Yang Benar
Penggunaan kalimat sesuai dengan EYD sangat cocok untuk brand yang memiliki karakter mewah dan elegan. EYD yang benar akan membuat caption semakin rapi dan enak untuk dibaca penonton yang mencintai kemewahan.
-
Gunakan Emoji Yang Sesuai
Dan cara membuat caption Instagram yang terakhir yaitu penggunaan emoji. Penggunaan emoji yang sesuai adalah emoji yang mampu menggambarkan suasana isi caption. Contoh, caption konten giveaway, menggunakan emoji berbahagia atau emoji yang meriah. Dengan emoji yang sesuai pembaca akan ikut merasakan bagaimana suasana caption.
Itulah 10 poin tentang cara membuat caption Instagram baik. Sehingga mampu menarik banyak perhatian penonton, memunculkan rasa penasaran untuk membaca caption dari awal hingga akhir. Bila kamu penasaran dengan salah satu trik tersebut, jangan ragu untuk mencobanya. Dan ingat, jangan anggap sepele caption jika kamu sedang dalam proses mengelola akun media sosial Instagram untuk berbisnis.