Konten edukasi untuk strategi marketing saat ini sudah banyak digunakan loh. Dan sudah banyak juga yang merasakan manfaat ketika menggunakan teknik ini. Bentuk konten edukasi yang mereka buat untuk menjual produk atau jasa juga sangat bervariasi. Sehingga bisa meningkatkan leads dan omset.
Alih – alih melakukan kampanye penjualan dan menjual produk atau jasa secara terang – terangan, kamu secara perlahan telah membangun minat beli konsumen melalui konten edukatif. Dengan begitu kamu telat menciptakan kebutuhan produk/jasa kamu tanpa mempresentasikan secara blak – blakan ke konsumen.
Konten marketing menurut Jt digitally adalah teknik untuk mengelola konten di media sosial dalam menjalankan strategi marketing yang sedang kamu jalankan. Strategi ini juga dapat membantu untuk memaksimalkan konten marketing yang kemudian akan memandu calon pembeli untuk melakukan aksi pembelian. Untuk lebih jelas dan komplitnya, baca artikel ini sampai akhir ya.
Manfaat Konten Edukasi Untuk Strategi Promosi
-
Untuk Membangun Kepercayaan
Dengan memberikan konten edukasi yang bermanfaat kepada pengguna media sosial, ternyata hal tersebut dapat membentuk atau membangun kepercayaan dalam jangka panjang antara pelanggan dengan penjual.
Lalu ketika kepercayaan sudah didapatkan, konten edukasi marketing ini dapat membantu untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap nama brand. Sehingga konsumen akan semakin tambah royal dan merekomendasikan atau memperkenalkan brand kepada teman – teman terdekatnya.
-
Menciptakan Peluang
Manfaat konten edukasi untuk strategi promosi yang kedua adalah untuk menciptakan peluang. Peluang tersebut seperti menciptakan keinginan pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang kamu berikan. Peluang ini bisa terjadi karena konten edukasi yang kamu buat telah memberikan informasi berupa pembelajaran seputar produk dan layanan.
-
Untuk Meningkatkan Brand Awareness
Kenapa konten edukasi bisa meningkatkan brand awareness? Karena dengan memberikan konten edukasi marketing yang informatif, edukatif dan bermanfaat akan memunculkan rasa penasaran.
Sehingga audiens akan mencari lebih dalam soal informasi produk. Entah itu di Instagram atau website. Jika sudah seperti ini maka efeknya yaitu meningkatnya kesadaran merek terhadap bisnis.
-
Untuk Menciptakan Trafik Organik
Manfaat konten edukasi berikutnya yaitu untuk menciptakan trafik organik. Ketika rasa penasaran audience sudah muncul dan mereka akan mencari informasi lebih lengkap lagi. Maka yang bisa kamu lakukan adalah memberikan link website bisnis di caption konten atau pada biografi akun.
Dengan inilah kamu bisa mendapatkan trafik organik website dan dapat menghasilkan lebih banyak leds. Kemudian akan berakhir dengan pembelian suatu produk atau penggunaan jasa.
-
Gratis
Kelebihan konten edukasi marketing berikutnya adalah gratis. Bisa dikatakan gratis jika kamu mengelola akun secara pribadi. Tidak menggunakan jasa social media management atau jasa lainnya yang berhubungan dengan media sosial.
Cara membuat konten edukasi marketing juga gak susah kok.
Tinggal arahkan pelanggan menggunakan konten edukasi yang berhubungan dengan produk. Contoh memberikan informasi yang berhubungan dengan manfaat produk untuk aktivitas sehari – hari. Dan masih banyak lagi contoh konten edukasi marketing yang bisa kamu buat sendiri.
-
Bermanfaat Untuk Mengubah Leds Menjadi Pelanggan
Banyak leads masuk tapi sedikit yang menjadi pelanggan. Ini sering terjadi di kalangan pebisnis yang sedang menjalankan kampanye lewat media sosial atau website.
Untuk memperbaiki masalah ini bisa dengan cara membuat konten edukasi edukatif yang bermanfaat. Yang sifatnya tanpa memaksa pelanggan untuk melakukan pembelian secara langsung.
Baca Juga : Manajemen Akun Bisnis Instagram
Cara Untuk Membuat Konten Edukasi Yang Powerfull
-
Buat Konten Jawaban Dari Masalah Konsumen
Membuat konten yang sesuai dengan masalah target market akan lebih disukai. Tapi terkadang kita juga bingung dalam mencari masalah target market. Sehingga akan memperlambat proses pembuatan konten edukasi marketing.
Untuk memudahkan dalam membuat konten dari masalah konsumen adalah dengan memunculkan pertanyaan seperti berikut ini
- apa akibat yang akan terjadi dari kebiasaan buruk target market?
- Pikirkan bagaimana kamu bisa melakukan perubahan kebiasan buruk tersebut dengan produk kamu.
- Apa yang membuat target market merasa bingung dan kesulitan?
- Apa solusi terbaiknya?
Sebenarnya tidak hanya itu pertanyaan yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan konten edukasi yang powerfull. Masih banyak lagi pertanyaan lainnya, sehingga kamu bisa menawarkan produk secara perlahan dan mengarahkan untuk melakukan aksiyang kamu inginkan.
-
Buatlah Customer Persona
Cara untuk membuat konten edukasi berikutnya adalah dengan customer persona. Dengan customer persona kamu akan terbantu untuk menciptakan konten yang relevan dengan kebutuhan target market.
Dengan cara mencari informasi pelanggan dengan cara melakukan riset pasar dan analisis data pelanggan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa trik lain. Seperti mengenali pelanggan untuk mengetahui apa yang mereka sebenarnya dibutuhkan dan dikeluhkan.
Trik berikutnya adalah dengan menggunakan tools untuk melakukan riset pasar. Seperti tools Google Trend dan Google Keyword Planner. Dan yang terakhir adalah dengan melakukan umpan balik dari target market dengan bertanya langsung.
-
Buat Konten Edukasi Yang Sesuai Dengan Target Market
Target market setiap perusahaan yang memiliki produk atau layanan pasti memiliki jenis target market yang berbeda – beda. Entah dari usia, hobi dan jenis kelamin. Oleh karena itu dalam membuat konten edukasi marketing juga harus sesuai dengan kriteria target market tersebut.
Contoh, jika target market mu anak – anak muda, maka kamu bisa membuat konten edukasi marketing dalam bentuk video pendek dan penggunaan bahasa yang sering mereka gunakan saat nongkrong.
-
Bangun Komunikasi Dengan Audiens
Cara yang paling gampang untuk membangun dan membentuk komunikasi dengan pelanggan adalah lewat media sosial. Maka dari itu, jika konten edukasi berhasil mendapatkan engagement yang tinggi dan mendapatkan komentar banyak, disitulah kamu bisa memabngun komunikasi lewat media sosial.
Sekian artikel tentang konten edukasi untuk strategi marketing. Intinya adalah membuat konten edukasi yang bermanfaat kepada audien akan jauh lebih berhasil untuk mendapatkan hati para calon pelanggan daripada membuat konten yang intinya langsung berjualan.