Cara mengukur efektivitas sosial media – Hay, gimana, apakah kampanye produk di media sosial bulan ini sudah menemukan hasil? Atau malah bingung, menentukan berhasil atau tidaknya, karena belum tahu cara mengukur efektivitas sosial media sebagai media pemasaran digital.
Mengetahui apakah kampanye produk di media sosial berhasil atau tidak memang harus dilakukan oleh para marketers. Karena rasanya percuma jika sudah mengeluarkan biaya untuk iklan berbayar di medsos, tapi belum mengetahui cara mengukur efektivitas iklan promosi. Sehingga kesimpulan atau data akhir yang akan didapatkan hanya berdasarkan ilmu mengira – ira saja.
Jadi sebagai seorang marketers sangat diwajibkan untuk bisa melakukan pengukuran efektivitas iklan. Alasanya, karena dengan melalui media sosial, nama brand dapat membuat komunikasi dua arah dengan para audiens. Sehingga bisa mendapatkan banyak data yang sangat berfungsi untuk mengembangkan bisnis. Maka berikut ini cara mengukur keberhasilan efektivitas iklan di media sosial.
Langkah Awal Untuk Mengukur Keberhasilan
Menentukan langkah awal, maksudnya adalah menetapkan beberapa tujuan sebelum melakukan promosi lewat iklan berbayar di media sosial. Selain itu kamu juga harus menetapkan ukuran, pengukuran pengawasan dan pelaporan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.
-
Menentukan Tujuan
Langkah awal untuk mempermudah ketika mengukur efektivitas iklan di media sosial yaitu menentukan tujuan yang ingin dicapai dari kampanye pemasaran. Contohnya gini, “saya ingin menggunakan berbayar ads di Facebook, dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness”.
Ada lagi “Tujuan saya adalah untuk mendorong penjualan agar omset pada tahun ini mencapai 5 M”. Kurang lebih seperti itu contohnya. Yang pasti semua orang memiliki tujuan masing masing ketiak beriklan di media sosial.
-
Menentukan Media Sosial Yang Ingin Digunakan
Langkah yang kedua yaitu menentukan media sosial mana yang kira – kira sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk lewat iklan berbayar. Lakukan analisis dengan jeli, dari beberapa media sosial yang ada, manakah yang penggunaanya sesuai dengan target market brand.
Jika kamu ingin menggunakan lebih dari satu media sosial untuk beriklan. Maka akan semakin bertambah juga sumber daya manusia, finansial dan waktu yang diperlukan untuk melakukan kampanye produk.
-
Menetapkan Ukuran
Menetapkan ukuran maksudnya mengetahui cara untuk meningkatkan sesuai yang berhubungan iklan di media sosial. Langsung kita ambil contohnya aja, biar gak bingung.
Jadi apabila kamu ingin mengetahui tingkat awareness, maka produk bisa melakukan pengukuran dengan melakukan peninjauan di bidang pertumbuhan jumlah pengikut, eksposur konten di media sosial dan konten – kontennya.
Ada lagi ini contohnya, apabila kamu ingin mengukur tingkat keterlibatan audiens atau yang dikenal dengan engagement, maka cara mengukurnya adalah dengan menghitung jumlah like, komentar dan share.
-
Pengukuran Menggunakan Tools
Sebenarnya, dari pihak media sosial sendiri sudah menyediakan fitur atau alat untuk mengukur dan mengetahui efektivitas iklan. Tapi ada beberapa orang yang menganggap bahwa fitur yang ada di alam media sosial tersebut belum lengkap dan komplit untuk mendapatkan data yang valid.
Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi analitis yang bisa membantu untuk melakukan pengukuran. Aplikasi ini bisa kamu temukan dan digunakan di aplikasi handphone. Ada yang gratis ada pula yang berbayar.
-
Pengawasan Dan Pelaporan
langkah untuk mengukur efektivitas iklan yang terakhir yaitu melakukan pengawasan secara berkala dan laporan. Ada beberapa poin yang wajib kamu laporkan ketika melakukan pengawasan.
Poin tersebut yaitu tentang bagaimana hasil pengukuran pada laporan tersebut apabila dibandingkan dengan target yang diharapkan akan tercapai? Lalu tentang, bagaimana jika hasil pengukuran pada laporan tersebut dibandingkan dengan hasil pengukuran kompetitor?
Baca Juga : Teknik Pencahayaan Foto Produk
Cara Mengukur Efektivitas Sosial Media Untuk Berbisnis
-
Gunakanlah Parameter
Umumnya parameter keberhasilan strategi pemasaran lewat media sosial yaitu dengan banyaknya jumlah pengunjung yang mengunjungi website lewat tautan yang tertera di akun medsos.
Contohnya ini, kamu sedang menggunakan Facebook ads dan mendapatkan pengikut sebesar 8.000. Tapi dari jumlah pengikut sebesar 8.000 tersebut sama sekali tidak ada yang mengklik link website yang tertera. Dan jika hal tersebut terjadi pada kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan evaluasi iklan di Facebook Ads.
-
Melacak Konversi Media Sosial Lewat Google Analytics
Sebelum menggunakan Google Analytics untuk melacak konversi, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis konversi yang ingin dilacak. Contohnya konversinya seperti download ebook, penjualan, langganan newsletter dan lain – lainya.
-
Tambahkan Pengukuran Trafik Website
Cara mengukur efektivitas media sosial berikutnya yaitu tambahkan alat pengukur trafik website yang berasal dari salah satu akun sosial media. Caranya kamu bisa menggunakan tools seperti Google Analytics. Lalu salin alamat website jika di akun bio media sosial. Dengan cara seperti ini kamu bisa mengetahui jumlah visitor yang melakukan kunjungan.
-
Lakukan Evaluasi Dengan Konsisten
Dan yang terakhir adalah memeriksa data hasil pengukuran secara berkelanjutan. Manfaat dari memeriksa data secara berkelanjutan yaitu untuk mempermudah langkah selanjutnya untuk menuju yang lebih baik dari yang sebelumnya. Lakukan evaluasi minimal satu bulan sekali. Sehingga apabila terdapat kesalahan dan celah dapat langsung diperbaiki pada waktu itu juga.
Sampai disini dulu artikel tentang cara mengukur efektivitas sosial media untuk mengembangkan bisnis. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan dalam dunia digital marketing. Semangat berproses, semoga apa yang kamu inginkan dapat tercapai di tahun ini.