Manajemen akun bisnis Instagram setiap orang tentu memiliki trik yang berbeda. Apalagi jika pengelola sudah di level profesional, pasti banyak sekali teknik hasil dari pengalaman kerjanya sendiri. Dan yang pasti ilmu tersebut tidak akan disebarluaskan secara umum, atau bisa jadi menjadi rahasia tidak boleh diketahui oleh pengelola lain.
Dan pada artikel ini kamu akan menemukan artikel yang membahas tentang manajemen Instagram bisnis khusus untuk pemula. Jadi bagi kamu yang sama sekali belum ada pengalaman untuk mengelola akun bisnis Instagram, artikel ini sangat cocok, mudah dipahami dan mudah dipraktekan.
Tapi sebelum kalian memulai untuk mengelola Instagram untuk berjualan, pola pikir yang harus kamu terapkan terlebih dahulu adalah jangan berpikir instan ketika sedang melakukan proses manajemen Instagram. Perlu ada yang namanya proses dan tips cerdas agar akun instagram bertumbuh dengan baik dan dapat menghasilkan uang.
Cara Mengelola Akun Bisnis Instagram Yang Baik
-
Fokuskan Untuk Membuat Konten Yang Disukai
Setiap orang tentu memiliki selera masing – masing soal jenis konten. Maka yang harus kamu pikiran adalah menentukan konten yang disukai target market produk. Lakukan identifikasi untuk menentukan jenis konten yang mereka sukai ketika menggunakan aplikasi Instagram. Konten Instagram akan banyak mendapatkan like jika konten tersebut bermanfaat, mengandung unsur kebaikan, pemberian dan inspirasi.
-
Jangan Terlalu Memanfaatkan Instagram
Maksud poin kedua ini adalah kesalahan yang sering terjadi ketika mengelola instagram bisnis. Dan kesalahan ini sering terjadi di kalangan pemula. Beberapa kesalahan tersebut seperti terlalu sering memamerkan kelebihan produk atau jasa di Instagram. Masih malu – malu untuk membangun interaksi dengan audience dan follower. Di awal penggunaan akun sudah terlalu sering posting dan menawarkan produk dan jasa. Belum mengetahui jenis konten yang disukai target market. Belum mengetahui segmentasi market.
-
Buat Konten Yang Bisa Memunculkan Interaksi
Rasanya pasti sedih kan, jika udah bikin konten pusing – pusing, edit gambarnya juga gak cepet tapi pas udah jadi lalu di posting di instagram, hasilnya tidak sesuai expetasi. Yang seharusnya mendapatkan jumlah like, komentar, save, dm dan share yang lumayan banyak, tapi hasilnya malah garing.
Lalu bagaimana cara membuat konten yang bisa memunculkan interaksi? Jika kamu bingung, berikut ini contohnya. Pernah lihat konten giveaway yang diisi oleh para artis atau endorse? Kalau pernah, coba perhatikan baik baik pada kontennya.
Dari jenis konten mungkin sederhana dan mungkin cara desain nya pun gampang. Tapi engagement atau interaksi yang dihasilkan dari konten tersebut tinggi.
-
Konten Ajak Untuk Memberikan Like
Siapa nih yang belum tahu maksud dari konten isinya untuk mengajak like atau komentar? entah siapa yang memulai konten seperti ini, tapi ide untuk membuat konten seperti ini sangatlah cerdas dan unik. Sehingga saat ini banyak sekali beberapa akun media sosial di Instagram yang ikut – ikutan untuk membuatnya.
Contohnya ada konten dengan gambar mekah, nah bagi audience yang melihat ada arahkan untuk memberikan like dan menuliskan komentar “Aamiin” jika audience ingin naik haji.
-
Caption Yang Memancing Untuk Audien Berkomentar
Cara mengelola akun bisnis Instagram yang baik nomer 5 yaitu beri tulisan magic pada caption konten. Kalau yang sebelumnya membuat konten yang berisi ajakan untuk mendapatkan like. Maka yang kelima ini adalah caption yang berisis ajakan untuk berkomentar.
Semakin banyak komentar pada sebuah konten, maka akan semakin tinggi konten muncul di halaman beranda atau pencarian audience. Caption yang bisa memancing untuk berkomentar seperti caption yang berhubungan dengan masalah target market, pendapat tentang suatu berita dan lain – lain.
-
Gunakan Konsep Posting Konten
Maksud dari cara yang keenam adalah membuat kalender konten. Contohnya, dalam waktu seminggu kamu harus membuat 5 konten edukasi, 1 konten interaksi dan 1 konten jualan.
apabila kamu ingin membuat konsep jadwal konten sendiri silahkan. Tapi ingat jangan terlalu sering membuat konten jualan. Minimal 1 kali ajaj dalam seminggu. Lalu jangan terlalu sering membuat konten interaksi. Yang harus kamu perbanyak adalah membuat konten yang informatif dan bermanfaat untuk audience.
Baca Juga : Cara Mengukur Efektivitas Sosial Media
-
Optimasi Hastag
Siapa yang masih menggunakan hastag asal – asalan? Yang penting pakai, yang penting ada hastagnya. Stip dulu cara penggunaan hashtag yang seperti ini. Karena bisa hadi hastag yang kamu gunakan kaan membuat konten kamu semakin tenggelam di halaman pencarian Instagram.
Dalam setiap hashtag di Instagram, pasti ada jumlah pengguna yang telah menggunakan hastag tersebut. Jika akun bisnismu masih kecil belum besar dan kamu menggunakan hastag yang memiliki jumlah pengguna yang tinggi. Maka kemungkinan besar konten akan tenggelam. Akhirnya sedikit orang yang melihat konten tersebut.
Tapi jika kamu lebih teliti dalam menggunakan hastag, memilih hastag yang memiliki jumlah pengguna yang tergolong masih sedikit. Maka akan membuat konten mu berpeluang untuk mendapatkan interaksi dengan jumlah tinggi. Tapi ingat hastag juga harus masih berhubungan dengan konten yang akan di posting.
-
Aktif Membuat Insta Story Instagram
Untuk selingan agar akun Instagram semakin tumbuh. Silahkan untuk aktif dalam membuat story. Dalam membuat story kamu bebas untuk membuat apa saja. Dengan story akun mu akan terlihat lebih aktif di mata pengikut. Lewatr story juga kamu bisa memberi tahu kepada followers soal berita terbaru yang berhubungan dengan produk dan jasa.
-
Selalu Membalas Komentar Audien
Adalah orang yang masih bingung atau malu ketika membalas komentar dari audien. Ada juga yang saking sibuknya, mereka gak sempat membalas komentar tersebut. Jika ini sudah terjadi, tolong jangan diulangi lagi, karena lambat laun kamu akan kehilangan beberapa pelanggan yang mungkin royal terhadap produk mu. Berikan sedikit waktu luang untuk membalas beberapa komentar di Instagram.
-
Konsisten Bos
Manajemen akun bisnis Instagram yang terakhir yaitu konsisten. Apapun usahamu apapun hobimu dan semua aktivitas lainya, jika dilakukan dengan konsisten dan sabar pasti semua tujuan yang ingin kamu capai akan terwujud. Selain itu jangan lupa untuk berdoa.
Kesimpulan dari artikel manajemen akun Instagram bisnis adalah buatlah konten yang disukai target market yang sudah kamu tentukan dan jangan terlalu sering posting konten jualan. Ingat konsumen juga butuh informasi menarik yang berhubungan dengan produk dan jasa.