View

JT Digitally

Jenis - jenis landing page

Jenis Jenis Landing Page Paling Keren

Jenis – jenis landing page – Tahukah kamu bahwa landing page itu ada jenis – jenisnya loh, jadi tidak hanya satu. Beradaan landing page saat ini telat dikenal oleh semua golongan pebisnis, khususnya mereka yang mempromosikan produk lewat website.

Landing page sebagai metode pemasaran digital dipercaya mampu meningkatkan leads atau potensi untuk mendapatkan konsumen lebih banyak. Semakin banyak landing page yang mereka buat, maka akan semakin banyak pula prospek brand mereka di pasar digital untuk lebih mudah ditemukan dan dikunjungi oleh calon konsumen.

Lalu dengan semakin banyaknya landing page yang beredar di internet, apakah semuanya landing page sama? Atau ada jenis – jenisnya yang mungkin belum banyak orang awam tahu. Maka dari itu, pada artikel kali ini JT Digitally akan memberikan informasi mengenai jenis jenis landing page yang baik digunakan oleh perusahaan besar yang tentunya bisa kamu tiru untuk bisnismu sendiri.

Jenis – Jenis Landing Page

  • Lead-generation landing page

Jenis landing page ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan data para pelanggan. Dat ini biasanya dalam bentuk nama pelanggan, e-mail, nomor telepon dan data lain yang bisa digunakan untuk menghubungi pelanggan atau calon pelanggan.

Selain untuk menghubungi pelanggan dan calon pelanggan, data ini juga akan digunakan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Jadi ketika hubungan tersebut sudah terbangun dengan baik, perusahaan dapat leluasa mengirim informasi seprri promo, berita, artikel atau konten lain yang berhubungan dengan brand.

  • Click-through page

Click-through page merupakan landing page yang menyediakan sebuah tombol untuk pelanggan agar dapat memilih. Contohnya tombol “ambil potongan harga”, “pilih sekarang” dan contoh lainya.

Jenis landing ini bisa kamu jumpai pada website  E-commerce, yang umumnya dalam landing page tersebut banyak tombol untuk memesan, memilih produk, ambil diskon dan tombol promo lainya, supaya meningkatkan daya beli konsumen ketiak mengunjungi landing page tersebut.

  • Lead capture landing page

Jenis landing page yang ketiak adalah lead capture landing page. Landing page ini biasanya memiliki ciri meminta pengunjung untuk memasukan alamat email pada form yang telah di sediakan.

Jadi selain memberikan penawaran menarik landing page ini juga memiliki fungsi menarik yaitu mengumpulkan email yang kemudian dikumpulkan untuk data base perusahaan untuk menawarkan promosi kembali lewat email marketing.

Pengunjung yang dengan senang hati memberikan alamat email pada sebuah landing page, menandakan bahwa pengunjung tersebut sudah percaya pada perusahaan tersebut dan ingin mendapatkan informasi terbaru tentang produk dan penawaran menarik lainya.

  • Advertorial landing page

Jenis landing page ini merupakan halaman berupa iklan, tapi memiliki unsur penelitian di dalamnya. Contohnya ada sebuah artikel yang berisi tentang manfaat salah satu buah berdasarkan hasil penelitian.

Tujuan menyangkut pautkan hasil penelitian dari tokoh terkenal untuk menunjukan bahwa produk yang kamu produksi memang sudah benar – benar teruji secara klinis dan tidak main main kualitasnya. Karena di dalam landing page kamu sudah mencantumkan hasil penelitian produk.

  • Product detail landing page

Sesuai dengan namanya landing page detail produk. Tentukan isinya menjelaskan tentang produk secara detail, Mulai dari spesifikasi, jenis, harga, bahan dan informasi pendukung lain yang masih berhubungan dengan produk.

Baca Juga : Komposisi Membuat Landing Page

Manfaat Landing Page

  • Mampu meningkatkan penjualan

Berdasarkan penelitian dari Omniture, menyebutkan bahwa penggunaan landing page mampu meningkatkan penjualan hingga 25%, jika berhasil. Penelitian ini jelas benar, bahkan jumlah peningkatan jumlah pembeli bisa bertambah apabila landing yang dibuat benar – benar menarik bagi konsumen.

  • Untuk mendapatkan data base berupa e-mail

Kalau hanya dengan website, lalu posting artikel, kamu tidak akan mendapat data base berupa email dari pelanggan. Maka salah satu cara cepat untuk mendapatkan email dari pelanggan adalah dengan membuat landing page. Dengan begitu kamu bisa menawarkan promo produk hanya lewat email marketing aja. Dijamin deh pelanggan gak bakal kabur ke landing page kompetitor.

  • Dapat memperluas prospek bisnis

Dengan desain landing page yang menarik dan tepat, mampu meningkatkan pengenalan merek kepada calon konsumen. Sehingga mampu memperluas prospek bisnis lewat website sekaligus meningkatkan SEO. Semakin banyak website, maka akan semakin sering halaman website kamu muncul di halaman pencarian tertentu.

  • Tempat untuk promosi

Daripada kamu muter muter, nempel – nempel poster gak jelas di tiang pinggir jalan atau bagi bagi brosur di perempatan jalan, lebih baik membuat landing page. Minimal mulailah mengikuti perkembangan jual beli online seperti saat ini. 

Tapi sebelum membuat landing page kamu harus membuat website bisnis terlebih dahulu. Jika belum punya anggaran, membuat website gratis juga bisa kok. Setelah itu baru membuat desain landing page di halaman website.

Justru di dalam landing page kamu bisa membuat kreasi semaksimal mungkin dan seunik mungkin untuk dapat menggaet calon konsumen lebih banyak.

  • Menciptakan kredibilitas dan brand awareness

Manfaat landing page yang ke lima ada mampu menciptakan kredibilitas dan brand awareness. Mengapa bisa demikian? Karena ketika kamu memberikan informasi perusahaan menampil promo dan menampilkan testimoni di landing page pada pelanggan, hal ini kemudian bisa meningkatkan kredibilitas dan brand awareness.

Sehingga calon pembeli yang melihat dan membaca landing page tersebut menjadi lebih percaya dengan produk yang kamu tawarkan. Apalagi jika testimoni kepuasan pelanggan, pasti makin percaya tuh.

  • Mempercepat transaksi

Seperti penjelasan sebelumnya, tentang komponen landing page. Dalam satu halaman landing page harus ada yang namanya tombol CTA (call to action). Yang berguna untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Permudahlah semua keinginan calon pelanggan maka mereka akan senang dan royal kepad bisnis kamu.

Itu dia penjelasan soal jenis – jenis landing page dan manfaat landing page. Mungkin bagi kamu yang masih dalam tahap belajar membuat landing page, jangan ragu untuk menuliskan kata kata di dalam landing page. Perbanyak kosa kata menarik yang mampu menarik calon pembeli. Gunakan bahasa sesuai dengan target market, dan ingat jangan terlalu bertele – tele. Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com