Macam – macam strategi branding – Di dunia bisnis saat ini, rasanya tidak mungkin apabila dalam membangun bisnis tidak menggunakan strategi branding. Sebab dengan merancang strategi branding baik akan memudahkan industri untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih cepat dan tepat.
Tapi permasalahannya, banyak para pembisnis pemula yang belum paham mengenai jenis strategi branding. Apa itu branding, seberapa pentingnya branding dan bagaimana cara menentukan branding yang tepat untuk bisnis dan pengetahuan lain mengenai branding.
Maka dari itu sebelum terlambat dan ketinggalan dengan bisnis industri lain, yuk kita belajar mengenai berbagai macam strategi branding. Mulai dari pengertian, macam – macam, manfaat dan cara melakukanya.
Pengertian Strategi Branding
Strategi branding adalah alat yang dibuat oleh salah satu industri untuk memahami sebuah brand dan untuk menemukan cara mengkomunikasikan kepada konsumen. Jadi dengan strategi branding bisnis dapat mencapai tujuan dan rencana dalam jangka panjang.
Namun ada beberapa ahli juga yang memberikan pendapat soal pengertian strategi branding. Branding strategi menurut Schultz dan Barnes adalah berbagai aktivitas manajemen brand yang isinya tentang aturan semua elemen dalam mencapai tujuan membentuk merek.
Jenis Jenis Branding Strategi
Ada 5 jenis branding yang sudah digunakan oleh industri besar dan sudah terbukti berhasil. Maka dari itu, yuk ikuti langkah – langkah para pebisnis yang sudah sukses terlebih dahulu, supaya ketularan suksesnya juga. Yaitu dengan mengenali jenis branding kemudian menerapkan ke dalam industri kamu.
1. Personal Branding
Sesuai dengan namanya personal. Yang berarti branding ini untuk individu atau orang. Tujuan individu membranding dirinya sendiri adalah untuk membangun citra positif dan membangun citra merek yang kuat.
Di masa saat ini kita bisa melihat, banyak sekali yang menggunakan jenis personal branding di kalangan selebriti, politisi, digital marketer dan profesi influencer. Media – media yang mereka gunakan sudah jelas, yaitu lewat media sosial dan Youtube.
Dengan menggunakan beberapa media ini sudah terbukti sangat efektif, mudah dan tepat untuk membangun personal branding seseorang. Karena dengan bermain media sosial branding kamu akan mudah dijumpai oleh banyak orang secara luas.
2. Corporate Branding
Sudah pernah baca atau dengar soal corporate branding? Corporate branding adalah jenis branding untuk membangun citra merek suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. Mulai dari visi, misi, nilai dan budaya perusahaan. Proses ini di bangun untuk memberikan perbedaaan industri satu dengan yang lain dan memberikan kesan positif pada konsumen.
Dengan memberikan kesan positif dengan konsumen makan industri akan mendapatkan citra positif dan konsumen akan percaya dengan semua produk yang dikeluarkan dari industri tersebut.
3. Product Branding
Product branding hampir sama dengan personal branding. Perbedaanya hanya soal nama objek branding nya saja. Kalau personal tai untuk branding individu sedangkan kalau product untuk suatu produk atau jasa.
Lalu, mengapa harus ada product branding? Karena untuk membedakan produk dengan produk kompetitor lain ketika sudah masuk pasar. Aspek – aspek produk branding meliputi harga, pengemasan, desain, kualitas dan pengalaman pengguna.
4. Service Branding
Bisnis yang memberikan pelayanan service, sangat cocok jika menggunakan jenis branding ini. Sesuai dengan namanya service branding adalah proses membangun nama industri pada bidang layanan atau service. Dengan tujuan yang masih sama yaitu untuk membedakan dengan kompetitor lain dan menciptakan kesan positif yang kan selalu diingat oleh konsumen. Service branding mengatur pada bagian kualitas pelayanan, pengalaman konsumen dan inovasi layanan yang diberikan.
5. Co-Branding
Jenis branding yang terakhir ini mungkin banyak orang yang belum tahu. Pasalnya masih jarang digunakan. Co-branding biasanya dipakai saat ada partnership dari 2 atau lebih industri. Partnership dilakukan karena perusahaan tersebut memiliki beberapa kesamaan atau saling terhubung. Co-branding juga merupakan salah satu strategi untuk memperluas dan menambah target market.
Baca Juga : Desain Konten VS Konten Video
Contoh Branding Strategi Dari 5 Jenis Branding
1. Contoh Personal Branding
Kenal dengan artis indonesia yang bernama Maudy Ayunda? Maudy ayunda merupakan contoh seseorang yang telah berhasil menggunakan branding dengan jenis personal branding.
Pada biografi Instagram Maudy Ayunda menuliskan profesi sebagai “storyteller dan educator”. Yang berarti bawah Maudy Ayunda adalah sosok yang peduli dengan dunia pendidikan dan suka berbagi kisah dengan audience.
Prestasi yang sudah Maudy Ayunda dapat hingga saat ini seperti pernah melakukan kolaborasi dengan berbagai produk, pernah menjadi 30 under 30 asia versi Forbes, aktivitas selama berkuliah di Stanford.
2. Contoh Corporate Branding
Ada banyak sekali perusahaan yang termasuk ke dalam corporate branding. Contohnya seperti Nike, Apple, Coca – Cola dan lain sebagainya. Nike yang membranding citranya dengan sepatu olahraga yang nyaman modern. Bahkan saat ini sepatu nike tidak hanya untuk olahraga, tapi untuk aktivitas sehari – hari.
3. Contoh Product Branding
Contohnya product branding Hermes. Brand Hermes merupakan tas idaman kaum hawa. Tas ini memang lebih terkenal di kalangan para kaum hawa, bahwa kau masih terkenal sampai saat ini. Brand Hermes sangat mengutamakan kualitas produk dan konsistensi.
4. Contoh Service Branding
Contoh nama perusahaan yang menggunakan service branding seperti Grab dan gojek. Kedua industri ini membangun brand dengan memberikan pelayanan transportasi yang mudah, aman dan terjangkau.
5. Contoh Co-Branding
Nama produk sekitar kita yang telah menggunakan Co-Branding adalah brand Oreo dan Walls. Kedua produk ini menjalin partnership untuk membuat produk baru, yaitu varian es krim secara bersamaan.
Jadi itulah beberapa macam – macam strategi branding dan contohnya. Lalu bagaimana menurut kamu, apakah strategi branding itu penting? Dan strategi branding apa yang akan kamu pakai untuk mengembangkan bisnis mu atau perusahaan tempat kamu bekerja saat ini? Intinya branding merupakan sesuatu yang tidak bisa terlepas dari kegiatan bisnis apapun. Agar perusahaan dapat maju dan produk dapat dikenal luas oleh masyarakat.