Sistem manajemen sosial media – Halo sobat, seperti yang kalian tahu, bahwa saat ini media sosial memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah bisnis perusahaan. Tanpa media sosial, mungkin saat ini para pengusaha masih menggunakan media offline untuk memasarkan produk. Seperti menyebar brosur, menggunakan toa keliling kampung dan lain-lain. Yang pasti tidak seefektif ketika menggunakan media sosial.
Bagi pengguna biasa, mungkin media sosial hanyalah media untuk mencari informasi dan hiburan. Tapi berbeda jika media sosial jatuh ke para pebisnis online. Media sosial tentu menjadi tombak utama untuk memasarkan produk secara cepat dan tepat.
Maka dalam mengelola media sosial untuk bisnis, munculah yang namanya sistem manajemen sosial media. Dimana seseorang akan menyusun strategi yang efektif, mengawasi beberapa akun, mendapatkan laporan kinerja akun dan mengetahui peluang pasar online. agar lebih jelas, simak penjelasan beberapa sistem manajemen sosial media berikut ini.
Pengertian Manajemen Sosial Media
Manajemen sosial media adalah proses penggunaan tool, software dan beberapa layanan yang bertujuan untuk mempermudah pengelola akun media sosial untuk memberikan informasi lewat konten media sosial. Isi konten dalam akun media sosial untuk bisnis juga berbeda dengan akun biasa.
Akun bisnis umumnya akan memberikan konten berupa informasi positif untuk audiens, promo, informasi produk, informasi perusahaan dan konten konten unik lainya, yang tentunya masih bermanfaat bagi audien.
Maka dari itulah, dalam mengelola akun media sosial, perlu ada yang namanya manajemen sosial media, agar postingan tertata dengan rapi, menarik, mampu mempresentasikan perusahaan, memudahkan pelanggan dalam melihat produk dan membantu menjawab permasalah konsumen.
Manfaat Manajemen Media Sosial
-
Dapat meningkatkan brand awareness
Manfaat yang pertama yaitu dapat meningkatkan brand awareness. Dengan menerapkan manajemen sosial media, akun akan terlihat lebih tertata, rapi dan memiliki konten yang berkualitas.
Inilah nantinya yang akan akun bisnis akan semakin dilirik banyak pengguna media sosial untuk melihat brand kamu. Sehingga dapat meningkatkan brand awareness konsumen ke perusahaan. Sehingga bisnismu akan memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak. Jika sistem manajemen sosial media kamu terapkan dengan baik.
-
Media berbagi informasi secara cepat dan tepat
Sudah tidak diragukan lagi, bahwa dengan sosial media semua orang dapat membagikan konten konten positif dengan cepat, tepat dan gratis. Sehingga sangat cocok jika perusahaan ingin memberikan informasi produk seperti promo akhir tahun, promo ramadhan dan promo lainya, tanpa harus turun ke lapangan.
Tinggal bagaimana kamu membuat desain yang menarik, agar konten viral dan muncul di halaman pencarian pengguna media sosial. Jadi kuncinya ketepatan dalam membuat desain konten.
-
Mampu meningkatkan penjualan
Ketika akun sudah memiliki pengikut banyak, jumlah like, komen dan interaksi meningkat pada setiap konten. Sudah dapat dipastikan, dengan sistem manajemen sosial media, akunmu mampu meningkatkan penjualan.
-
Branding
Salah satu cara untuk membranding perusahaan atau produk adalah dengan menggunakan media sosial. Dengan akun media sosial, kamu bisa memberikan informasi terkini terkait perusahaan. Seperti branding salah satu produk baru dengan cara menggunakan iklan.
-
Memberikan informasi tentang perusahaan
Gak perlu banyak tingkah, cukup duduk manis, mengetik informasi perusahaan pada konten atau pada bagian profil media sosial. Audien akan tahu dan membaca sendiri informasi tentang perusahaan. Audien yang tertarik akan berusaha mencari informasi secara detail sendiri, tanpa disuruh oleh orang lain.
-
Meningkatkan persaingan dengan kompetitor
Rasanya kurang jika dunia bisnis online tidak ada yang namanya persaingan. Maka ada beberapa perusahaan yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membuat manajemen sosial media mereka menjadi lebih unggul dengan kompetitor lain. yaitu dengan cara menggunakan jasa sosial media management.
-
Mampu meningkatkan jumlah pengikut
Manfaat manajemen sosial media yang terakhir adalah mampu meningkatkan jumlah pengikut. Hal ini sudah wajar terjadi, sebab ketika pengelola media sosial aktif memposting konten secara teratur dan akan semakin banyak konten yang tersebar di halaman pencarian pengguna media sosial. Sehingga akan mendapatkan pengikut pengikut baru. Ya walaupun harus sabar dan telaten untuk mendapatkannya.
Aplikasi Untuk Memanajemen Sosial Media
-
BuzzSumo
Aplikasi BuzzSumo adalah aplikasi yang akan memberikan informasi yang lagi hits di seluruh pengguna media sosial kepada penggunanya. Notifikasi ini biasanya akan muncul di halaman handphone atau dashboard. Dengan info konten terupdate dari seluruh dunia, maka penggunak bisa melakukan analisis konten dan membuat konten yang terbaru.
Fitur yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi BuzzSumo seperti filter jenis konten, riset kata kunci, mencari informasi backlink untuk website dan pemasaran bagi para influencer.
-
Tweepi
Tweepi merupakan aplikasi yang bisa membantu pengguna media sosial untuk meningkatkan jumlah pengikut. Seperti yang kalian tahu, pengikut juga menjadi faktor paling penting ketika memiliki akun media sosial, sehingga aplikasi ini sangat berguna untuk manajemen media sosial.
Fitur lain, selain mencari pengikut baru, pengguna juga bisa melihat siapa yang tidak melakukan follow back atau mengikuti kembali, sehingga pengguna bisa melakukan unfollow.
-
HootSuite
HootSuite merupakan tool untuk membuat jadwal setiap konten, membalas pesan dan untuk mengetahui jumlah traffic di media sosial. Dibanding dengan aplikasi manajemen media sosial lain,
HootSuite lebih terkenal dan paling banyak digunakan oleh para konten kreator. Jadi bisa disimpulkan bahwa HootSuite memiliki peran penting untuk memanajemen akun media sosial.
-
Social Bro
Tools yang satu ini hanya bisa digunakan lewat website. Social Bro merupakan layanan website yang akan menyajikan data dan analisis akun yang sifatnya komprehensif. Sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan produk dan mempromosikan ide ide di aplikasi Twitter.
Baca Juga : Ide Kemasan Produk Makanan Paling Menggugah Selera
-
Crowdbooster
Aplikasi untuk manajemen social media berikutnya adalah Crowdbooster. Aplikasi akan membantu pengguna untuk melihat tingkat efektivitas kampanye media sosial melalui dashboard.
Contohnya pelaporan waktu secara nyata, yang mana dalam data tersebut terdapat beberapa data seperti siapa saja yang terlibat langsung di dalam akun, interaksi dan lain sebagainya.
-
Buffer
Aplikasi yang terakhir yaitu Buffer. Buffer merupakan aplikasi untuk membuat jadwal untuk satu minggu kedepan. Jadi bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk posting artikel, lebih baik menggunakan aplikasi ini. Buffer juga sangat mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.
Kesimpulan dari artikel sistem manajemen sosial media berikut ini adalah semua pengusaha yang ingin mengelola akun media sosial selalu terkendala oleh waktu untuk mengelolanya. Selain itu juga karena belum memiliki team khusus untuk mengelola akun.
Makan jalan terbaik agar akun tetap hidup untuk mendatangkan trafik dan meningkatkan jumlah penjualan leat media sosial adalh denfgan menggunakan jasa manajemen sosial media terpercaya.
Jangan sampai akun media sosial bisnis kamu terbengkalai tidak terawat dan diisi dengan konten konten yang tidak relevan dengan produk. Gunakan jasa untuk membuat akun media sosial lebih terlihat profesional di mata audiens.