View

JT Digitally

Cara mendapatkan ide konten segar

Cara Mendapatkan Ide Konten Segar Dan Viral

Cara mendapatkan ide konten segar – Pada awal pengelolaan media sosial pada bagian produksi konten, mungkin masih banyak ide konten. Tapi ketika sudah berjalan beberapa tahun, pasti kamu akan mengalami yang namanya paceklik konten. Yang mana untuk membuat satu topik konten saja, membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Ada yang sudah pernah mengalami seperti ini? 

Maka yang akan muncul dalam otak pikiran kita adalah, bagaimana cara mencari ide konten baru? Apakah ada ya aplikasi mencari ide konten? Apakah ada website ide konten? Dan pikiran – pikiran lain , yang memungkinkan dapat membantu kasus ini.

Seperti pikiran untuk mencari tahu berita mendapatkan ide konten segar lewat artikel ini. Pasti cara ini juga muncul di beberapa list pikiranmu, sehingga kamu melakukan pencarian di halaman Google. Tidak usah banyak basa – basi, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencari ide konten segar.

Cara Mencari Ide Konten Baru

Mencari ide konten baru tidak semudah mencari baju baru. Tapi jika ketemu, perasaanya seperti orang jatuh cinta, mendayu – dayu. Maka dari itu, ketahui 7 cara mencari ide konten baru berikut ini.

  • Mengenal Dan Memahami Kebutuhan Audiens

Kasus ini sama halnya ketika kamu harus mengenal dan memahami lawan jenis yang kamu suka. Dengan mengenal dan memahami kekasih, suami dan istri, kamu akan jadi lebih tahu kekurangan, kelebihan dan bagaimana cara mengatasi kekurangan tersebut.

Gambar kasus tersebut sama ketika kamu lagi mengenal dan memahami kebutuhan audiens atau target market jualan. Gali sedalam – dalamnya tentang mereka, hingga kamu menemukan apa yang mereka suka, yang mereka tidak suka, masalah yang sulit diselesaikan dan berikan solusinya. Dengan itu, maka kamu bisa mendapatkan ide konten  yang baru dan berbeda.

  • Gunakan Tools Untuk Menemukan Ide Konten

Jika cara mendapatkan ide konten segar di poin pertama sudah habis, maka kamu bisa menggunakan bantuan. Dengan menggunakan tools yang ada di halaman pencarian Google. 

Tools untuk menemukan ide konten akan memberikan masalah – masalah atau pertanyaan audience yang sudah direkap dalam kurun waktu beberapa bulan. Dan uniknya pertanyaan tersebut baru dan ada beberapa yang belum memberikan jawaban dan belum ada yang membuat untuk kebutuhan konten. Tapi ada beberapa tools yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang.

  • Temukan Ide Konten Pada Feedback Konsumen

cara mencari ide konten berikutnya lewat feedback konsumen. Feedback atau tanggapan konsumen mengenai pelayanan, kualitas produk, toko dan lain – lain bisa bernilai positif dan negatif. 

Keduanya nilai tersebut dapat dijadikan untuk membuat konten baru di media sosial. Tapi saring terlebih dahulu feedback tersebut, jangan sampai feedback negatif merusak reputasi bisnis.

  • Aktif Menjelajahi Media Sosial

Dari beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh seorang konten kreator adalah menjelajahi media sosial. Mencari tahu bagian hashtag, komentar dan melihat apa konten yang paling banyak mereka bagikan, merupakan cara untuk mendapatkan topik konten yang bagus juga. Tapi cari konten yang relevan.

  • Ide Konten Dari Pengalaman Yang Relevan

Jika kamu orang yang suka berbagi ilmu dan tidak pelit, mempublikasikan pengalaman yang berhubungan dengan konten juga bisa kamu jadikan topik. Ini malah dapat membuat kekuatan konten lebih bagus dan pasti banyak orang yang akan tertarik untuk membaca konten pengalaman tersebut. Tinggal bagaimana bentuk desainya.

  • Ide Konten Dari Hobi

Setelah pengalaman, kamu bisa mencari ide konten dari hobi. Jarang orang mencari ide konten dari hobi sebenarnya, karena banyak tidak selaras dengan bisnisnya sendiri.. Tapi jika hobimu relevan dengan industri tersebut, tidak ada masalah.

Contoh hobi bermain game dan bisnis jualan diamond. Maka konten yang dibuat berkaitan tentang video bermain game, cara mendapatkan diamond dan lain sebagainya yang mengarah ke pembelian diamond.

  • Intip Akun Media Sosial Lain Yang Relevan

Kemudian cara yang terakhir adalah intip akun kompetitor. Mengintip terkadang juga dapat menemukan ide baru. Mengintip bukan berarti meniru sama persis konten. Buat beberapa perbedaan, seperti menambah informasi yang lebih lengkap, cantumkan sumber dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jasa Social Media Management Di Bekasi

Website Untuk Mencari Ide Konten

Pada poin cara mencari ide baru pada nomor yang menjelaskan mencari ide konten menggunakan tools, sebenarnya sudah dijelaskan. Tapi kurang lengkap saja jika tidak menjelaskan nama tools yang digunakan. Oleh sebab itu, berikut ada 4 website untuk mencari ide konten yang sangat menarik untuk dicoba.

  • Website Google Trend

Website untuk menemukan ide konten yang pertama ada Google Trend. Sudah tidak dipungkiri lagi, Google Trend menjadi website paling sering digunakan oleh para konten kreator untuk mencari ide konten.

Website ini akan menunjukan kata kunci yang sering ditulis di kolom pencarian Google. Selain itu Google Trend juga dapat memberikan topi yang terkait dengan kata kunci yang dimasukan dan menunjukan daerah – daerah yang paling banyak menggunakan kata kunci. 

  • Google Keyword Planner

Tidak hanya Google Trend, website untuk cari ide konten berikutnya ada Keyword Planner. Keyword Planner adalah website akan memberikan informasi kepada pengguna tentang kata kunci apa saja ketika mencari sesuatu. Pertanyaan yang disebut kata kunci itulah nanti bisa kamu jadikan untuk menemukan ide konten.

  • Answer The Public

Website Answer The Public akan memberikan fasilitas ide konten berdasarkan 5W + 1H, berdasarkan kata penghubung, alfabet, perbandingan dan indikator topik yang paling banyak dicari pada saat itu. Website itu berbayar, tapi sebelum berlangganan, pengguna diberikan kesempatan untuk mencoba answer the public secara gratis dalam sehari.

  • Website Question DB

Cara mencari ide konten baru lewat website yang terakhir ada Question DB. Website ini sebenarnya hampir sama dengan answer the public. Bedanya cuma pengguna harus berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati fasilitas ribuan topik yang relevan untuk bisnis kamu.

Emm, saya rasa cukup penejelasan artikel tentang cara mendapatkan ide konten segar dan viral. Tetap produksi konten yang bermanfaat dan tidak merugikan atau menjatuhkan salah satu pihak. Semoga artikel ini bisa menambah ilmu dan wawasan untuk kita semua. Sekian.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com