Strategi meningkatkan hubungan dengan pelanggan – Seseorang yang memiliki tanggung jawab meningkatkan hubungan dengan pelanggan atau biasa disebut dengan customer relationship, dituntut untuk menjadi seorang yang pandai berbicara dan mampu mengelola masalah.
Hal ini menyebabkan pekerjaan seorang customer relationship menjadi pekerjaan yang intens dan cukup sulit. Kesabaran menjadi poin penting ketika ingin meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan dan banyak juga kekecewaan yang akan kamu peroleh.
Tapi kamu gak perlu takut akan hal itu, karena selalu akan ada solusi yang baik untuk masalah yang buruk. Seperti yang akan saya jelaskan pada artikel ini. Dimana saya akan menjelaskan pengertian customer relationship dan tips meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Pengertian Customer Relationship
Salah satu kunci agar bisnis kita terus berjalan dan mendapatkan customer yang loyalitas adalah dengan menjaga Customer Relationship. Customer Relationship adalah strategi pengelolaan dalam mempertahankan hubungan baik dengan customer untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dan menguntungkan dengan customer.
Menjaga hubungan adalah upaya kita agar tetap terhubung dengan customer, dengan begitu akan menciptakan kepercayaan kepada kita agar customer melakukan pembelian berulang dan tidak pindah ke kompetitor lain. Hubungan baik dengan customer dapat kita terapkan untuk mengembangkan bisnis kita menuju ke arah yang lebih baik.
Strategi Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan
Dengan strategi, seseorang dapat mencapai harapan sesuai dengan keinginan. Tanpa strategi seseorang akan hilang arah untuk mencapai keinginan. Beda keinginan, beda strategi, beda masalah beda strategi juga, beda jangka waktu beda strategi juga. Maka semua strategi tidak ada yang salah, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buru. Semua tampak baik di mata masing – masing orang yang menganggap strategi itu baik.
-
Melakukan Survei
Untuk mendapatkan informasi konsumen, kita dapat melakukan survey dengan cara mengajak konsumen untuk mengisi kuisioner. Dengan melakukan survey terhadap konsumen kita akan mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai konsumen terhadap produk dan layanan kita, serta kritik dan saran yang membangun untuk bisnis kita. Survey dapat dilakukan melalui berbagai saluran yang dapat kita gunakan untuk menjangkau konsumen.
-
Mengatasi Setiap Keluhan Konsumen
Setelah melakukan survey dan sudah mendapatkan umpan balik dari konsumen, yang harus kita lakukan adalah dengan memperbaiki apa yang menjadi keluhan konsumen. Dengan begitu akan menciptakan kenyaman konsumen dan mengubah dari yang negatif menjadi positif. Apabila kita tidak responsif dalam menanggapi keluhan konsumen akan memperburuk citra perusahaan karena dianggap tidak mendengarkan keluhan konsumen.
-
Kuasai Materi Produk
Menguasai materi produk adalah hal yang harus dilakukan setiap pelaku usaha. Kenapa? karena dengan menguasai produk, kita dapat memberikan informasi yang tepat kepada konsumen. Kita harus memahami setiap aspek produk atau jasa yang kita jual.
-
Memberi Harapan Sesuai Janji
Untuk menarik konsumen biasanya kita menawarkan sesuatu seperti kecepatan dalam pengiriman, gratis ongkir, produk berkualitas, atau janji lainnya. Untuk menciptakan kepercayaan konsumen kita harus menepati janji tersebut. Jika tidak konsumen tidak akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan dan akan berdampak pada reputasi perusahaan.
-
Kerja Dengan Respon Cepat Tanggap
Sebelum membeli biasanya konsumen akan bertanya terlebih dahulu tentang detail produk yang kita tawarkan. Ketika mereka bertanya pasti mereka akan berharap akan segera direspon, karena setiap konsumen pasti memiliki kesibukan masing-masing. Menyediakan customer service akan membantu kita dalam merespon konsumen.
-
Adakan Pengundian Hadiah
Untuk memberikan apresiasi terhadap konsumen adalah dengan memberikan hadiah. Dengan kita mengadakan pengundian hadiah otomatis pelanggan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah tersebut dengan sering berbelanja. Biasanya untuk mendapatkan kupon undian konsumen harus melakukan transaksi belanja dengan batas minimal.
-
Cari Nomor Kontak Pelanggan
Cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah dengan data kontak pelanggan. untuk mendapatkan kontak pelanggan dapat melalui nomor handphone, email, atau media sosial pelanggan kita melalui website atau dapat meminta data pelanggan secara langsung ketika sedang datang membeli produk. Agar konsumen mau memberikan datanya kita dapat menyampaikan jika data tersebut digunakan untuk memberikan informasi mengenai produk terbaru dan diskon yang sedang berlangsung.
Baca Juga : Rumus Menentukan Harga Jual Produk
Fungsi Customer Relationship
-
Untuk Mengumpulkan Lebih Banyak Informasi Konsumen
Dengan lebih sering berinteraksi dengan pelanggan, tentu customer relationship akan lebih banyak mendapatkan informasi konsumen. Lebih banyak customer relationship pandai berbicara menanggapi keluhan, konsumen akan semakin merasa nyaman dan semakin loyal. Dan yang terpenting adalah mendapatkan informasi data dari konsumen seperti nomor WA dan Email. Agar customer relationship bisa memberikan informasi tentang produk atau promo.
-
Lebih Irit Biaya Untuk Promosi
Menarik pelanggan baru akan membutuhkan biaya yang lebih besar daripada mempertahankan pelanggan lama. Pelanggan lama yang puas dengan produk dan pelayanan kita akan merekomendasikan produk kita kepada orang-orang yang mereka kenal. hal ini berdampak positif terhadap bisnis kita karena dengan begitu kita akan mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang minim.
-
Menjaga Dan Meningkatkan Nama Baik Perusahaan
Baik buruknya suatu perusahaan dilihat dari media sosialnya. karena di era digital ini banyak kasus dimana citra perusahaan buruk karena perusahaan dan konsumen tidak saling berhubungan dengan baik. Ketika perusahaan dan konsumen berhubungan baik akan tercipta kepercayaan dan keakraban antara keduanya sehingga dapat merubah opini, persepsi, dan sikap terhadap produk kita.
-
Sangat Efektif Untuk Meningkatkan Brand Awareness
Brand Awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat dan mengenali merek tertentu karena memiliki ciri khas tertentu, seperti warna bentuk, logo, dll. Kemampuan konsumen dalam mengenali merek barang perlu dipelajari karena menjadi faktor utama untuk konsumen membeli barang. Kesadaran konsumen pada sebuah produk biasanya dari iklan dan diskusi yang melibatkan suatu brand sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli.
Sampai akhir ini, bagaimana menurutmu. Apakah strategi meningkatkan hubungan dengan pelanggan ini baik untuk kamu terapkan? Atau kurang jika diterapkan ke dalam bisnismu? Seperti yang saya jelaskan tadi, baik atau kurang baik strategi tergantung pada tujuan, jangka waktu dan jenis bisnis. Jadi ciptakan strategi terbaik versi bisnismu sendiri dari versi bisnis lain.