Keuntungan menggunakan visual branding – Salah satu cara supaya brand selalu diingat oleh konsumen yaitu dengan menggunakan visual branding. Jika kamu saat ini sudah hafal beberapa nama brand, disitulah perusahaan tersebut telah berhasil menggunakan teknik personal branding.
Dari perusahaan – perusahaan yang sudah berhasil menggunakan teknik personal branding inilah kita tahu bahwa mengapa setiap usaha atau bisnis wajib hukumnya untuk memiliki identitas yang jelas. Seperti logo, merek dan pengemasan barang. Agar calon konsumen lebih mengenali produk dan sekaligus menjadi pembeda dengan kompetitor lain.
Tapi untuk proses personal branding sendiri tentu tidaklah mudah dan cepat. Butuh produk yang berkualitas, strategi visual branding dan inovasi dalam visual branding. Sebagai acuan untuk menyusun strategi branding, berikut ini ada artikel dengan judul keuntungan menggunakan visual branding. Berikut penjelasanya.
Pengertian Visual Branding
Kita artikan pisah – pisah dulu, mulai kata visual. Visual adalah gambar yang memiliki arti identitas perusahaan. Sedangkan kata branding adalah suatu merek yang memiliki fungsi sebagai identitas dalam berbisnis. Jadi apa itu visual branding? Visual branding adalah bentuk dari suatu produk atau brand.Di dalam penyusunanya visual branding terdiri dari tiga komponen yaitu komposisi, warna dan brand.
Keuntungan Menggunakan Visual Branding
1. Untuk Menjadikan Komunikasi Yang Lebih Baik
Menjelaskan panjang lebar mengenai perusahaan atau brand tentu tidak efisien. Banyak waktu yang akan terbuang ketika menjelaskan brand dari awal sampai akhir. Itupun kalau pihak yang mendengarkan paham, kalau tidak paham, pasti akan semakin lama kamu menjelaskan nya.
Tapi beda cerita ketika kamu telah menggunakan visual branding. Visual branding mampu memberikan kejelasan dalam berkomunikasi. Sebab tidak perlu ngomong panjang atau menulis panjang lebar untuk memberikan informasi. Cukup dengan gambar sudah dapat mengungkapkan pesan dan maksud dari sebuah brand.
Intinya dengan menggunakan visual branding kamu akan mendapatkan keuntungan konsumen akan lebih cepat memahami informasi yang brand sampaikan hanya dengan melihat gambar saja.
2. Untuk Mengekspresikan Emosi
Keuntungan yang kedua adalah untuk mengekspresikan emosi. Saat ini salah satu cara yang paling ampuh berinteraksi dengan konsumen adalah dengan menggunakan emosi.
Tapi cara mengungkapkan emosinya tidak hanya sekedar menggunakan pesan – pesan datar. Harus ada adegan yang agar audience juga merasakan emosi dalam pesan yang disampaikan.
Lalu bagaimana tips agar audience juga bisa merasakan emosi pada gambar? Tipsnya yaitu huruf dan kata – kata, bahasa tubuh, elemen visual seperti warna, bentuk logo harus disusun dengan baik dan rapi.
Contoh, menggunakan gambar dengan elemen raut wajah lemas. Dengan begitu orang yang melihat gambar tersebut juga akan merasakan rasa lemas. Dan jangan lupa penggunaan warna sesuai dengan ekspresi wajah.
3. Menjaga Nama Identitas Brand
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini persaingan bisnis sudah semakin ketat. Banyak perusahaan baru yang mengusung brand baru dan tidak sedikit juga dari mereka yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan kompetitor.
Persamaan bisnis menjadi salah satu faktor dibutuhkanya visual branding yang berguna untuk membentuk identitas brand. Sehingga walaupun jenis usahanya sama, tetapi memiliki perbedaan pada logo.Dengan begitu teknik promosi yang kamu lakukan di media sosial atau di papan baliho akan mudah dikenal. Sebab audience sudah mengenal ciri identitas dari brand.
4. Sebagai Informasi Perusahaan Yang Menarik
Memperkenal brand dengan cerita merupakan suatu hal yang banyak disukai oleh audience. Menyampaikan pesan brand melalui cerita membuat sebuah brand terasa lebih manusiawi.
Cerita tentang informasi perusahaan biasanya dibuat dalam bentuk audio, visual atau video. Apalagi saat ini konten dalam bentuk video cenderung lebih banyak di sukai oleh pengguna media sosial.
Baca Juga : Strategi Visual Branding Untuk Bisnis UMKM
Strategi Visual Branding
Dalam merancang visual branding, tentu saja membutuhkan yang namanya strategi. Strategi asal – asalan tentu tidak akan berdampak baik untuk perkembangan bisnis. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan beberapa strategi visual branding yang mudah – mudah saja.
1. Cantumkan Keunikan
Selain unik juga harus memiliki ciri khas dan keistimewaan. Dengan ketiga komponen ini sudah dapat dipastikan brand memiliki sesuatu yang berbeda dengan kompetitor lain, walaupun jenis bisnisnya sama. Selain itu, dengan mencantumkan keunikan, ciri khas dan keistimewaan brand juga akan dengan mudah mendapatkan daya pembeli.
2. Melakukan Kolaborasi
Maksud dari melakukan kolaborasi ini adalah kolaborasi dengan beberapa pelanggan. Caranya dengan melakukan riset kecil – kecilan terhadap beberapa pelanggan untuk diambil sampel.
Hasil sampel tersebut lalu kamu cantumkan ke dalam visual branding yang akan kamu buat. Dengan begini hasil visual branding akan mudah diterima oleh konsumen.
3. Lakukan Inovasi Dalam Visual Branding
Jangan hanya meniru visual branding milik kompetitor. Lakukan inovasi versi dirimu sendiri. Agar kamu tidak dianggap copy paste oleh konsumen. Boleh mengambil beberapa sampel dari visual branding kompetitor. Tapi itu lebih baik untuk acuan saja, jangan digunakan seluruhnya. Dengan begini kamu bis amenciptakan visual branding yang unik dan berbeda dengan kompetitor.
4. Evaluasi
Strategi visual branding yang keempat adalah evaluasi. Evaluasi dilakukan pada keseluruhan bisnis. Yang meliputi pencapaian dari keuntungan brand yang dihasilkan, target audience dan survei konsumen perihal brand.
5. Manajemen Brand
Tips yang terakhir yaitu manajemen brand. Manajemen ini dilakukan supaya visual branding tidak ketinggalan jaman. Sehingga visual branding ada yang mengatur dan mengontrol setiap perubahan yang terjadi. Selain itu, dengan mengikuti perkembangan zaman visual branding juga akan lebih mudah diterima oleh konsumen.
Itulah dia informasi mengenai keuntungan menggunakan visual branding dan strategi visual branding. Semoga artikel ini bisa membantu untuk perkembangan bisnis yang sedang kamu perjuangkan. Tetap lakukan hal – hal positif yang berhubungan dengan bisnis, dan yakinlah suatu saat nanti kamu juga akan mendapatkan hasil yang positif dari bisnis yang kamu bangun saat ini.