Tugas seorang brand development – Jumlah profesi dalam dunia marketing sangatlah banyak. Contohnya ada brand marketing, digital marketing, event marketing, content marketing, brand development dan lain – lain. Yang masing – masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.
Dan profesi yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah profesi sebagai brand development. Jenis perusahaan yang membutuhkan profesi ini seperti industri rumah sakit, perusahaan garment, perusahaan fintech, perusahaan manufaktur dan perusahaan makanan.
Nah, jika kamu anak muda yang akan masuk dunia karir, penasaran dengan apa tugas brand development dan tertarik untuk bekerja di bidang brand development. Alangkah lebih baiknya pahami terlebih dahulu soal tugas, jenjang karing dan kompetisi yang dibutuhkan.
Apa Itu Brand Development?
Berdasarkan istilah brand development adalah teknik membuat sebuah cara yang nantinya bertujuan untuk membangun, menciptakan, dan mengelola identitas brand. Dengan cara yang telah direncanakan, maka dapat menghasilkan kesan positif untuk konsumen, menciptakan loyalitas pelanggan dan untuk membedakan diri dari pesaing.
Sedangkan kalau pengertian dari segi profesi brand development adalah tenaga kerja yang memiliki tanggung jawab untuk memasarkan sebuah brand, membuat rencana pemasaran, melakukan analisis pasar, menghadapi persaingan dan melakukan kolaborasi. Untuk jenjang karir profesi brand development mulai dari staff development, brand development associate, brand development supervisor dan brand development manager.
Keahlian Profesi Brand Development
Semua keahlian yang belum kamu miliki tentu bisa kamu miliki suatu saat nanti. Tinggal bagaimana kamu meraih dan belajar tentang keahlian tersebut. Keahlian atau kompetensi seorang brand development dibagi menjadi tiga. Yaitu ada kompetensi profesional, kompetensi personal dan kompetensi sosial.
1. Keahlian Profesional
Keahlian profesional ini meliputi penguasaan terhadap teknologi yang berfungsi untuk mendukung jalanya brand development, intinya tidak gaptek. Dapat memahami kinerja penjualan di pasar dan dapat melakukan analisa pasar dengan data dari lapangan. Bisa membuat konsep untuk strategi promosi produk. Sehingga dapat menciptakan loyalitas konsumen dan dapat meningkatkan omset penjualan.
2. Keahlian Personal
Untuk keahlian personal, mungkin akan sulit dipelajari. Karena pada keahlian personal ini merupakan keahlian seperti sifat seseorang. Seperti kreatif, inisiatif, ulet dan mampu menghasilkan ide inovatif. Memiliki etos kerja yang tinggi, memiliki rasa tanggung jawab. Mampu berkomunikasi dengan dengan baik, sehingga bisa bermanfaat ketika melakukan presentasi dan negosiasi.
3. Keahlian Sosial
Kompetensi yang terakhir yaitu sosial. Seperti cepat beradaptasi dengan lingkungan baru,santun dan mampu menjaga komunikasi dengan baik dengan sesama team kerja.
Tugas Brand Manager
Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab brand development, sebagai tambahan kita juga akan membahas tugas dan tanggung jawab profesi brand manager. Sebab brand manager terkadang juga melakukan kerjasama dengan definisi brand development untuk menjalan suatu promosi iklan.
Berikut ini ada beberapa tugas wajib yang harus dikerjakan saat menjadi seorang brand manager di sebuah perusahaan.
- Bisa melakukan riset pasar berdasarkan data terbaru dari lapangan.
- Merencanakan strategi untuk mengelola kampanye jualan bersama tim marketing.
- Melakukan analisis soal posisi brand dan analisa data dari konsumen.
- Bisa melakukan kolaborasi dengan baik dengan berbagai pihak dan vendor iklan dalam meningkatkan upaya branding produk.
- Memiliki rasa tanggung jawab untuk menerjemahkan elemen brand ke strategi marketing.
Tugas yang di pikul untuk seorang brand manager tentu tidak berbeda jauh dengan profesi brand development. Sekarang coba kita baca tentang keahlian yang harus ada untuk menjadi seorang brand manager.
Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Visual Branding
Keahlian Profesi Brand Manager
-
Memiliki Pikiran Kreatif Dan Detail
Kita paham, dalam membuat strategi marketing tentu membutuhkan ide – ide kreatif dan unik. Supaya iklan bisa menarik banyak konsumen dan lari berbinding – bonding untuk membeli produk. Maka dari itu seorang brand manager wajib memiliki pemikiran yang kreatif dan suka dengan pekerjaan detail. Maksud detail ini adalah detail dalam memaksimalkan tingkat efisiensi dan efektivitas dari investasi.
-
Suka Melakukan Penelitian Dan Pengembangan
Salah satu tugas brand manager adalah melakukan riset pasar. Dengan begini maka skill yang hsrus ada adalah bisa melakukan riset pasar. Entah dalam skala besar maupun skala kecil. Riset pasar ini nanti akan bertujuan untuk melihat tren dan memprediksi tren.
-
Memiliki Komunikasi Yang Baik
Dengan seringnya melakukan kerja sama dengan divisi lain, maka seorang manajer brand harus memiliki komunikasi yang baik dan lancar.
-
Mampu Melakukan Analisis Data
Strategi branding yang kuat berawal dari melakukan analisis data. Maka dari itu manager brand perlu melakukan tracking untuk semua inisiatif yang dikerjakan sebagai bahan evaluasi. Hasil analisis data ini nantinya juga bisa bermanfaat untuk team lapangan lainya, seperti tim marketing dan tim sales.
-
Manajemen Proyek
Maksud manajemen proyek adalah bisa mengaru jumlah tema kerja yang dibutuhkan, mengatur biaya dana manajemen waktu.
Berkarir memang memerlukan waktu untuk mencapai apa yang kita harapkan di beberapa industri. Banyak yang memulai karir dengan menjadi seorang sales atau profesi yang tingkatnya masih bawah. Tapi sebenarnya dari tingkat yang masih mudah itulah kita dapat mendapatkan pengalaman dan pelajaran lebih banyak. Sehingga pada waktu naik jabatan kita bisa tahu masalah – masalah pada profesi yang pernah kamu kerjakan. Sehingga kamu bisa menangani dan melakukan inovasi untuk mengatasi masalah. Sampai sini dulu artikel tentang tugas seorang brand development dan tugas seorang brand manager.