View

JT Digitally

Panduan lengkap Facebook ads 2024

Panduan Lengkap Facebook Ads 2024 Untuk Pemula

Panduan lengkap Facebook ads 2024 – Sudah tidak bisa dipungkiri, di dalam bisnis online menggunakan Facebook ads kepercayaan orang lain adalah salah satu faktor penentu kesuksesan kamu. Setiap orang pasti hanya mau berbisnis dengan orang yang dia percaya.

Apalagi di berjualan di Facebook ads, gimana mau transfer duit kalau kita bahkan sama sekali tidak yakin uang yang akan di transfer. Jangan – jangan setelah transfer, barang yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan seperti yang dijanjikan? Atau jangan – jangan kena penipuan, uang hilang? Itulah sebagian kekhawatiran yang dirasakan oleh calon pembeli kamu.

Maka ketika kamu berhasil beriklan menggunakan Facebook ads, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi produk mu akan laku keras. Semakin produk mu eksis, maka jualan makin laris. Lalu bagaimana caranya biar ngiklan di Facebook makin eksis dan laris? Ini dia pembahasanya.

Cara Iklan Di Facebook Yang Efektif

  • Apa Tujuan Kamu Beriklan?

Tidak semua iklan memiliki tujuan yang sama. Sebab ada juga yang menggunakan iklan untuk membranding diri sendiri. Maka langkah awal sebelum melakukan kampanye lewat iklan  Facebook ads, tentukan tujuan iklan. Apakah untuk berjualan, mencari peserta, mendapatkan like dan tujuan lainya.

  • Siapa Target Market Yang Kamu Inginkan?

Ngobrolin soal target market memang panjang. Butuh waktu untuk mendapatkan hasil target market yang detail. Tapi untuk awalan, kamu bisa menentukan target market dari jenis kelamin, umur, daerah dan hobi terlebih dahulu. Sisanya bisa kamu tambahkan setelah evaluasi iklan menggunakan Facebook. Apabila target market sudah kamu tulis, maka pada saat melakukan iklan di Facebook, kamu bisa menghemat biaya beriklan dan hasil iklan akan lebih tepat sasaran.

  • Apa Jenis Iklan Yang Akan Digunakan?

Panduan lengkap Facebook Ads 2024 yang ketiga yaitu menentukan jenis iklan yang akan digunakan. Jika kamu belum paham soal jenis iklan di FB ads, nanti pada pada paragraf berikutnya di bahas.

  • Menentukan Anggaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran. Bagian ini juga bagian paling penting jika ingin menjalankan kampanye iklan dengan baik tidak boncos. Anggaran iklan dapat ditetapkan harian atau total untuk seluruh kampanye.

  • Siapkan Pesan Yang Memikat

Pesan seperti apa yang dapat memikat target market? Tips yang bisa kamu gunakan pada saat menulis kata – kata pada iklan adalah dengan menggunakan bahasa yang biasa digunakan target market. Sesuaikan saja gaya bahasa mereka lalu masukan ke alam iklan. Atau, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahasa daerah sesuai dengan target lokasi yang kamu tentukan.

Contohnnya, misal target market kamu adalah emak – emak. Maka kamu bisa menggunakan bahasa yang lebay agar terkesan rempong. Gak perlu memperhatikan bahasa dalam kamu KBBI, disini kamu bebas berkata – kata. Asal masih mudah dipahami dan tetap sopan.

  • Jangan Lupa Menambahkan Beberapa Gambar

Gak usah pusing soal gambar dan desain. Jika kamu mau belajar, saat ini banyak kok aplikasi lewat HP yang bisa digunakan untuk membuat desain gambar. Tutorial di Youtube juga sudah banyak. Tinggal bagaimana kemampuan seseorang untuk belajar suatu hal yang baru.

  • Gunakan CTA (Call To Action)

Menaruh CTA pada bagian iklan akan bermanfaat untuk calon konsumen. Jika ada calon konsumen yang tertarik dan ingin membeli produk kamu bisa menautkan WA lewat CTA. Dengan sekali pencet calon pelanggan akan dengan otomatis diarahkan ke WA.

  • Arahkan Ke Halaman Tujuan

Hampir sama dengan CTA, nomor delapan ini berfungsi tentang tautan yang mengarahkan calon konsumen untuk mengunjungi beberapa situs, seperti, aplikasi, grup, website dan halaman lainnya.

  • Jalankan Iklan

Ada kabar baik buat kamu yang masih ingin coba – coba karena ragu. Facebook memberikan kesempatan kepada penggunanya agar bisa mencoba iklan terlebih dahulu, dengan sebanyak yang diinginkan. Tapi jangan lakukan berulang kali, lebih baik melakukan tes iklan tidak lebih dari 3 kali.

  • Lakukan Monitoring dan Evaluasi

Setelah mencoba dan praktek langsung menjalankan iklan, langkah yang terakhir adalah melakukan monitoring dan evaluasi.Dengan monitoring dan evaluasi, kamu bisa mengetahui apakah iklan berhasil atau tidak. Jika tidak berhasil , maka yang harus lakukan adalah merevisi dan menyesuaikan strategi yang baru untuk meningkatkan kinerja kampanye.

Baca Juga : Tips Beriklan Di Tiktok Ads

Model Iklan Di Facebook Ads Yang Paling Sering Digunakan

  • Iklan Dengan Model Gambar

Jenis iklan di Facebook yang paling umum adalah model gambar. Iklan jenis gambar biasanya muncul pada bagian sisi kanan layar FB atau di dalam News Feed. Selain gambar desain, kamu juga bisa menggunakan foto yang menarik.

  • Iklan Dengan Bentuk Teks

Iklan dalam bentuk teks adalah tipe iklan yang paling sederhana dan paling gampang dibuat oleh siapa pun yang ingin mencobanya. Iklan ini juga bisa ditambahkan beberapa elemen gambar. Kemunculan iklan ini biasanya pada sisi kanan layar FB atau di bawah postingan news feed.

  • Model Iklan Bentuk Video

Maraknya konten jenis video di media sosial, membuat iklan dalam bentuk video semakin banyak digemari oleh para produsen dan konsumen. Kalau malas desain gambar, jenis iklan ini bisa menjadi alternatif.

  • Model Lead Generation

Panduan lengkap Facebook Ads 2024, jenis iklan model lead generation. Iklan ini digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan kontak konsumen yang banyak. Kontak ini nantinya akan dimasukan ke dalam data base, kemudian setiap kontak akan di chat lewat WA atau email tentang penawaran produk.

  • Iklan Berbentuk Tawaran

Sesuai dengan namanya, jenis iklan tawaran dibuat dengan tujuan untuk membuat iklan khusus penawaran. Jadi jika brand kamu memiliki peranan khusus atau diskon, jenis iklan ini sangat cocok banget digunakan untuk kampanye.

  • Ads Carousel

Pernah dengan jenis iklan Facebook ini? Jika belum, ads carousel adalh iklan yang bisa mencantumkan beberapa gambar dan foto dalam satu iklan. Sehingga calon konsumen yang melihat akan, dapat melihat beberapa gambar atau foto dengan cara menggeser gambar.

  • Dan Iklan Model Slideshow

Tipe iklan yang terakhir adalah slideshow, yang artinya iklan terdiri dari beberapa gambar yang bergerak dalam bentuk presentasi slideshow. Jenis iklan ini juga menarik untuk digunakan, karena hampir mirip dengan video sebenarnya.

Dari beberapa poin mengenai panduan lengkap Facebook ads 2024 tersebut, mungkin masih ada kekurangan. Namun penjelasan ini bisa kamu jadikan dasar untuk orang baru yang akan menjalankan kampanye lewat iklan FB ads. Jadi jika kamu menginginkan teori yang lebih banyak dan detail bisa ikut pelatihan atau sekolah digital marketing. Atau dengan belajar membaca buku, artikel dan menonton video di Youtube.

Follow us

T : +62 8129 0906 309

E : team@jtdigitally.com