Contoh kalender konten media sosial – Bagi konten kreator profesional mungkin membuat kalender konten bukan menjadi masalah utama ketika mengelola media sosial. Sedangkan bagi pemula yang baru ingin mengelola akun bisnisnya, hal ini akan menjadi masalah, karena mungkin orang yang mengelola tersebut belum pernah membuat kalender konten media sosial.
Sehingga munculah rasa ingin penasaran, sebenarnya bagaimana sih proses cara membuat kalender konten yang baik? Apa saja isi kalender konten tersebut? Dan bagaimana menjadwalkan postingan tiap konten pada kalender?
Nah, mungkin beberapa pertanyaan tersebut juga sempat terlintas di pikiran seseorang yang baru pertama kali membuat kalender konten. Oleh sebab itu artikel ini juga akan membahas beberapa pertanyaan tersebut dan pembahasan lain, yang masih berkaitan dengan kalender konten media sosial.
Pengertian Kalender Konten
Sebelum membuat kalender konten, tentu kita harus memahami dulu apa itu pengertian kalender konten. Pada dasarnya kalender konten kalender yang berisi soal jenis konten yang akan kamu buat dan posting.
Sehingga pengelola sudah memiliki konten yang sudah dijadwalkan. Tidak ada yang namanya membuat konten secara dadakan. Dengan menggunakan tabel konten media sosial ini, pengelola juga bisa menabung konten. Untuk kedepanya pengelola tinggal upload konten saja.
Dengan membuat kalender konten, kamu juga bisa membuat rencana konten untuk 6 bulan kedepan atau bahkan hingga satu tahun kedepan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan konten yang berkualitas, sebab konten dibuat tidak dadakan. Biar lebih jelas, maka akan ada penjelasan soal contoh kalender konten Facebook dan Instagram di bawah ini.
Contoh Kalender Konten Media Sosial Facebook dan Instagram
Model dan bentuk kalender setiap pengelola jelas berbeda – beda. Perbedaan model dan bentuk ini karena perbedaan jenis konten dan teknik yang digunakan setiap masing – masing pengelola. Oleh karena itu, pas artikel ini JT Digitally akan memberikan beberapa referensi dalam membuat kalender konten.
-
Kalender Konten Menggunakan Google Spreadsheet
Sudah pernah menggunakan Google Spreadsheet? Jika belum kamu bisa menjumpai tools ini pada halaman akun Google kamu. Google Spreadsheet ini sepet microsoft excel.
Kelebihan ketika menggunakan Google Spreadsheet ini seperti dapat dengan mudah di akses banyak orang, tanpa harus melakukan pemindahan data. Kemudian yang kedua bisa dilihat oleh banyak orang sekaligus melakukan evaluasi bersama.
-
Menggunakan Kolom Tanggal,Bulan,Tahun dan Jenis Konten
Contoh Kalender konten yang kedua yaitu membuat kolom dengan isis tanggal, bulan, tahun dan jenis konten. Pada umumnya, semua konten kreator dalam membuat kalender konten pasti membuat kolom tabel yang berisi seperti ini.
Sebagai tambahan agar lebih detail, biasanya konten kreator menambah beberapa kolom yang berisis jam daftar hashtag, caption dan jam posting konten. Ada juga yan menambahkan kolom untuk menuliskan jumlah like, komentar dan share. Dan masih banyak lagi, hal ini juga tergantung kreativitas konten kreator masing – masing.
-
Membuat Kalender Konten Selama 1 Tahun
Contoh jenis kalender konten yang ketika ini, tidak disarankan untuk kamu yang baru pertama kali membuat kalender konte. Karena bisa menyebabkan pusing kepala dan nyeri pundak.
Teknik kalender konten ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah benar – benar paham unsur dalam membuat kalender konten, banyak ide atau jenis konten dan jenis produk yang sudah jelas.
Jika produk masih mengalami beberapa perusahaan jangan dulu menggunakan teknik ini. Takutnya ketika kelender sudah jadi untuk satu tahun kedepan, kamu harus merombak isi kalender konten tersebut karena ada perubahan soal produk.
-
Membuat Kolom Rincian Riwayat Konten
Kolom pada kalender konten ini dirancang dengan tujuan untuk mengetahui jika konten telah mengalami kenaikan atau penurunan indeks interaksi jumlah like, komentar, reach dan share.
Data inilah yang nantinya bisa kamu jadikan evaluasi kepadanya, apakah harus ada perubahan jenis konten atau tidak. Agar jumlah interaksi pada akun Instagram dan Facebook meningkat tidak menurun atau bertahan dengan jumlah tertentu.
Baca Juga : Keuntungan Memiliki Website Profesional
Cara Membuat Kalender Konten Media Sosial
Pada paragraf terakhir ini, JT Digitally akan memberikan beberapa langkah untuk membuat kalender konten. Langkah ini sangat mudah untuk dipahami dan diterapkan untuk para pemula yang ingin membuat kalender konten. Berikut langkah – langkahnya.
-
Riset Konten Di Akun Kompetitor
Aktivitas ini mungkin sudah sering dilakukan oleh beberapa orang yang ingin membuat konten. Namun penyebutanya saja yang mungkin berbeda. Jadi tidak usah bingung, inti dari aktivitas ini adalah mengintip akun akun kompetitor yang sudah berhasil berbisnis lewat media sosial.
Riset yang perlu kamu lakukan adalah melihat konten, desain konten, jenis koten, caption, hashtag, jumlah followers, jam tayang dan lain lain. Amati akun kompetitor tersebut, temukan keunikan, sehingga bisa bertumbuh kembang baik. Amati tiru modifikasi.
-
Menentukan Jenis Konten
Cara membuat kalender konten yang kedua yaitu menentukan jenis konten. Setelah mengamati konten kompetitor, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis konten di akun media sosial bisnis kamu sendiri.
Contoh jenis konten yang bisa kamu gunakan untuk mengelola akun bisnis seperti konten edukasi yang masih berhubungan dengan produk, koten interaksi, konten memperingati hari hari besar. konten humor dan konten motivasi.
-
Riset Hashtag
Mungkin ini cuma hastag yang hanya beberapa kata saja. Tapi jangan meremehkan, sebab dengan menggunakan hastag, konten dapat muncul di halaman pencarian. Bisa kemungkinan konten yang kamu buat akan muncul di halaman pencarian karena penggunaan hastag dengan tepat.
Lalu bagaimana cara riset hashtag? Cara yang paling mudah untuk melakukan riset hashtag adalah dengan menggunakan tools. Tools ini biasanya bisa kamu temukan di halaman pencarian Google. Ada beberapa tools berbayar ada juga tools riset hashtag gratis, tinggal pilih aja sesuai keinginan dan kebutuhan konten.
-
Membuat Caption
Cara membuat kalender konten yang keempat yaitu membuat caption di dalam kalender. Demi memudahkan proses pengelolaan media sosial kedepannya, di dalam kolom kalender juga ada kolom untuk membuat caption pada setiap jenis konten yang sudah direncanakan.
-
Menentukan Tools
Ketika mengelola media sosial, seseorang pasti memerlukan beberapa tools untuk membantu proses mengelola media sosial. Jadi tidak hanya tools riset keyword, masih ada tools lain seperti tools untuk posting konten otomatis sesuai jadwal, tools untuk desain dan tools lainnya.
-
Menentukan Jadwal
Cara membuat kalender konten media sosial yang terakhir yaitu menentukan jadwal posting. Berikan satu kolom lagi untuk kolom jam dan tanggal waktu posting. Temukan jam posting konten terbaik, sehingga bisa mendapatkan interaksi dari penonton.
Demian artikel tentang contoh kalender konten media sosial dan cara membuat kalender koten. Jika masih bingung kamu bisa mencari kalender konten template. Cara membuatnya kamu juga bisa membuat kalender konten menggunakan excel atau aplikasi kalender konten lainya.