Keuntungan memiliki website profesional – Jika kamu mulai sekarang masih berfikir bahwa website tidak akan memberikan pengaruh pada bisnis, mungkin saat ini kamu belum tahu cara membuat dan mengelolanya saja. Ya kan? Beda cerita jika kamu sudah tahu cara membuat, mengelola dan memiliki website. Pasti tanggapan kamu soal manfaat memiliki website akan jauh berbeda.
Maka dari itu, artikel ini ditulis dengan tujuan untuk membuat beberapa pemilik bisnis yang tergolong masih baru sadar, bahwa media untuk mempromosikan brand tidak hanya lewat media sosial saja. Masih ada tools untuk mempromosikan brand baru atau produk. Yaitu dengan cara membuat dan mengelola website profesional.
Kemudian kenapa bisa dikatakan dengan website profesional? Karena website dibuat dengan cara yang benar, didesain dengan desain yang berkualitas dan sehingga dapat membuat nyaman para pengunjung website yang ingin mencari informasi seputar brand.
Apa Pentingnya Website
Seberapa penting website bagi bisnis atau perusahaan, tergantung dengan kebutuhan marketing masing-masing. Misal, jika bisnis ingin terkenal lewat Google, ingin menguasai halaman pencarian Google, maka website profesional adalah kuncinya.
Walaupun memang untuk bersaing di halaman satu Google memerlukan teknik. Teknik tersebut dinamakan SEO (Search Engine Optimization). Tidak hanya itu, prosesnya pun lama, perlu waktu panjang untuk membuat posisi website bisnis nangkring di halaman satu Google, dengan beberapa kata kunci yang sudah ditentukan. Maka dari itu perlu ada yang namanya pengelolaan website.
Untuk lebih jelasnya, betapa pentingnya website untuk bisnis, kamu bisa baca pada poin selanjutnya. Yaitu soal keuntungan memiliki website profesional. Keuntungan ini bisa kamu dapatkan ketika mampu menggunakan teknik SEO dengan benar dan mengelola website secara konsisten, seperti membuat artikel. Untuk kemudian di posting di website.
Keuntungan Memiliki Website Profesional
Pada tahun 2023 ini, pengguna website di kalangan pelaku UKM sudah mencapai 80,4%. Entah itu website berbayar atau website yang sudah berbayar. Bahkan saking ingin merasakan manfaat berjualan menggunakan website, ada beberapa UKM yang membuat website lebih dari satu. Nah berikut ini adalah beberapa poin soal manfaat memiliki website profesional.
-
Saran Untuk Branding
Dalam suatu bisnis, branding merupakan hal paling penting. Tanpa branding, nama bisnis atau brand akan susah untuk dikenal dan sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
Dan salah satu media yang bisa digunakan untuk branding adalah website. Selain media sosial, website juga memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada branding menggunakan sosial media. Pasalnya entah kenapa, bisnis yang memiliki website profesional akan lebih terlihat profesional di mata pelanggan. Apalagi website sering muncul di halaman satu Google.
-
Sebagai Media Promosi
Media promosi yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan website adalah dapat membuat landing page. Landing page merupakan halaman yang disediakan khusus di dalam setiap website. Yang berfungsi untuk membuat karya dalam bentuk tulisan dan gambar. Karya tersebut berisi soal informasi brand dan penawaran menarik untuk pelanggan yang berkunjung ke dalam sebuah website.
Tapi sebenarnya tidak hanya landing page. Dengan menggunakan website kamu juga bisa membuat promosi dengan cara membuat artikel, iklan dan membuat banner pada bagian halaman website.
-
Sebagai Sumber Informasi
Keuntungan memiliki website profesional yang ketiga yaitu sebagai sumber informasi. Coba lihat atau cari, apakah ada perusahaan atau UKM yang memberikan informasi secara lengkap di sosial media? Saya yakin hanya sedikit, itu pun karena mereka belum memiliki website untuk memaparkan informasi secara lengkap tentang bisnisnya.
Jika bisnis tersebut sudah memiliki website pasti pengelola media sosial tersebut akan mengarahkan pengunjung untuk mencari informasi yang lebih lengkap ke halaman website. Agar pengunjung lebih percaya dan menggunakan brand atau layanan jasa yang sudah disediakan.
-
Sarana Untuk Mempermudah Komunikasi Online
Komunikasi online yang dimaksud kali ini bukan seperti telepon. Tapi saling bertukar pikiran dan kepuasan di halaman komentar website. Contoh, ada pengguna Google yang sedang mencari informasi soal pengalaman mendaki gunung slamet.
Pengguna tersebut membaca salah satu artikel di halaman Google dan membaca artikel tersebut sampai selesai.
Dan pada bagian akhir, pembaca juga merasa bahwa artikel tersebut memiliki pengalaman yang sama. Sehingga pembaca berkomentar di halaman komentar untuk kemudian dapat berkomunikasi dengan pembaca yang lain atau dengan pemilik website.
-
Lebih Mudah Untuk Mendapatkan Klien
Mudah sulitnya mendapatkan tergantung konten promosi yang dibuat ya. Jadi jangan salahkan medianya. Bisa jadi kamu sulit mendapatkan klien karena ada yang salah dengan konten atau kata kunci pencarian. Lakukan evaluasi dan selalu berusaha untuk membuat konten yang menarik, agar mudah untuk mendapatkan klien baru.
-
Untuk Memperluas Jangkauan Pelanggan
Dengan menggunakan website profesional, seseorang dapat menargetkan beberapa daerah untuk berjualan. Tanpa harus membangun toko di daerah tersebut. Sehingga inilah yang dimaksud dapat memperluas jangkauan pelanggan. Biasanya pengelola website menggunakan kata kunci daerah.
-
Dapat Meningkatkan Kredibilitas
Dengan memiliki website sebagai media bisnis dapat membantu untuk menciptakan image positif pada bisnis. Apalagi jika website digunakan pada bisnis baru atau yang baru berkembang, justru dapat meningkatkan kredibilitas dan visibilitas.
Bisnis juga akan terlihat modern dan mampu mengikuti perkembangan jaman. Selain itu website juga bisa mendongkrak popularitas bisnis di internet. Dan sebagian besar para pengusaha yang sudah menggunakan website beranggapan setuju jika dengan menggunakan website dapat membuat bisnis semakin terpercaya dan kredibel.
-
Memiliki Toko Online
Manfaat memiliki website berikutnya yaitu memiliki toko online. Bayangkan, lebih enak memiliki beberapa cabang di toko online atau cabang toko offline? Sebagian orang pasti akan lebih memilih untuk memiliki beberapa cabang di toko online. Karena biaya dan energi yang dibutuhkan jauh lebih kecil. Tapi ini tergantung pada jenis produk yang dijual.
Baca Juga : Aktivitas Sosial Media Manajemen
-
Mudah Diakses Dan Praktis
Dengan memiliki website, pengunjung bisa mengunjungi toko online pada setiap waktu, tidak kata tutup. Sehingga calon pelanggan bisa order barang atau order jasa kapan aja. Inilah mengapa website mudah diakses dan praktis.
-
Lebih Mudah Menyasar Target Market
Manfaat selanjutnya mudah menyasar target market di berbagai wilayah. Dalam hal ini, pengelola perlu menggunakan teknik SEO, seperti yang sudah di jelaskan pada bagian awal paragraf tadi. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat mempermudah kamu untuk menemukan target market.
-
Hemat Biaya Dan Waktu
Bagaimana tidak hemat biaya dan waktu, cukup dengan satu website saja, kamu bisa eksis dan muncul di berbagai daerah di halaman Google. Dan tidak perlu waktu lama, hanya dengan hitungan menit, kamu bisa memberikan informasi penting ke target market yang kamu harapkan. Sehingga kamu juga bisa irit biaya untuk pengeluaran promosi produk. Karena tidak membutuhkan banyak orang, sehingga gaji juga tidak akan membengkak.
Itulah penjelasan artikel tentang keuntungan memiliki website profesional. Intinya, proses pengerjaan website hingga menjadi nomor satu di setiap halaman pencarian, memerlukan proses yang maha panjang, tapi hasilnya memuaskan. Sehingga diperlukan konsisten dalam mengelola website bisnis.